Selasa, 14 Februari 2017

Asinan Buah Klengkeng



Bismillah...

Akhirnya saya muncul lagi...setelah sekian lama tidak entry blog ini, maafkan saya my online kitchen. Karena banyak hal2 urusan di dapur nyata saya yang tidak bisa dikesampingkan. Mudah2an saya lebih tidak malas lagi menyapa blog kesayangan ini...InsyaAllah :)

Dari kemaren dulu2...dan sampai sekarang asinan rambutan asam boi masih sering mondar mandir di sosmed.
Saat saya googling...ternyata para blogger Malay sudah sangat lama mempopulerkan asinan rambutan asam boi...sedangkan disini baru saja beberapa bulan terakhir ini berjaya.
Kalo ditilik bahan2nya antara lain jeruk lemon cui/jeruk kasturi...agak susah di dapat di kota saya. Juga kiamboy/manisan buah plum...atau biasa disebut orang Malay asam boi, belum saya dapatkan disini...kemungkinan ada tapi belum tahu harus beli dimana...

Akhirnya coba berkreasi sendiri...
Karena saya tidak terlalu suka buah rambutan...lalu saya ganti dengan buah klengkeng, ditemani buah apel hijau, potongan jeruk peras kecil2...sama biji2 buah delima.
Rasa manis asinnya pakai gula pasir, garam plus air putih yang saya rebus dulu bersama cabe merah dan cabe rawit. Sengaja saya tambahkan air karena suka sekali sama kuah asinan yang luber/banyak.
Untuk rasa asamnya saya guna air jeruk peras dan air asam yang diambil beningnya.

Untuk resep dan cara pembuatan sangat simple aja, sebenarnya tidak dipatok dengan ukuran atau resep baku. Dibawah ini saya coba diskripsikan saat saya membuatnya...


Asinan Buah Klengkeng Segar
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Buah2an:
500gr buah klengkeng kupas, lepas isinya
1 buah apel hijau potong2 sesuai selera
12 buah jeruk peras kecil
Biji buah delima (kalau ada)

Proses Pembuatannya:
Jeruknya diperas agak banyak kira2 6 biji. Yg 6 biji dipotong2 dicampur potongan buah2an lainnya.

7 sdm gula, 2 sdt garam, 3 biji cabe merah kriting potong serong, 3 biji cabe rawit merah dipotong kecil2. Lalu direbus dengan air 250ml sp mendidih.

Siapin asam kira2 15 mata asam rendam di air panas...tunggu hg hangat lalu diremas2 biar keluar sari asamnya, biarkan mengendap. Saring ambil air yg beningnya kurang lebih 150ml.

Campur semua bahan...aduk2, simpan di kulkas kira2 1/2jam. Siap disajikan.

Alhamdulillah yaa...
Sesuatu sekali rasanya
Nagih bangeeettt...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar