Jumat, 05 September 2014

Puding Lapis Tape Ketan Hijau



Bismillah...

Wah, ternyata saya ini penyuka puding tape ketan hijau yaa...kayaknya sudah ada beberapa resep puding di blog saya yang memanfaatkan tape ketan hijau menjadi sajian dessert/puding yang segar. Tapi memang gak ada salahnya sih, tape ketan hijau itu sangat bercita rasa khas jika kita olah menjadi sajian apapun, dijamin nikmat...

Tak banyak kata yang akan saya tuliskan disini, langsung saja menuju tekapee...
Mari menengok resepnya dibawah ini yaa...

Puding Lapis Tape Ketan Hijau
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 pack/sachet agar2 bubuk plain/putih
150 gr gula pasir
seujung sdt garam halus
100 gr tape ketan hijau
2 lembar roti tawar potong dadu kecil
1 sdm biji selasih rendam dalam air panas, saring
800 ml santan
Pewarna hijau/pasta pandan




Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu: gula pasir, garam halus, agar2 bubuk plain/putih, santan, aduk rata. Lalu rebus hingga mendidih. Angkat, lalu bagi menjadi dua bagian, satu bagian 400 ml beri 3 tetes pewarna hijau/pasta pandan (secukupnya) dan masukkan tape ketan hijaunya lalu aduk hingga tercampur rata, satu bagian lagi biarkan tetap berwarna putih.
2. Siapkan loyang plastik agar2 bentuk setengah lingkaran dengan (volume 1 liter), basahi dengan air putih matang agar nantinya tidak susah untuk mengeluarkan puding. Atau boleh pakai loyang persegi/kotak ukuran sesuaikan saja untuk volume cairan 1 liter.
3. Tuangkan beberapa sendok adonan puding warna hijau, lalu taburi atasnya dengan sebagian selasih, biarkan setengah beku.
4. Tuangkan beberapa sendok adonan puding warna putih, lalu taburi atasnya dengan potongan roti tawar, biarkan setengah beku.
5. Begitu selanjutnya hingga adonan puding habis, untuk yang lapisan adonan puding terakhir adalah hijau. Lalu biarkan membeku, dan simpan di dalam kulkas agar lebih padat dan dingin. Sajikan, tanpa vla sudah sangat nikmat...kalau ingin tambahan vla puding lebih mantab lagi, silahkan bikin sendiri.

# Note:
Jika adonan puding menjadi agak beku saat menanti untuk dituang pada lapisan puding yg setengah beku, adonan puding bisa dihangatkan lagi diatas kompor sambil tetap diaduk2, atau bisa juga menggunakan microwave agar adonan mencair lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar