Minggu, 23 Maret 2014

Seblak Basah



Bismillah...

Ketika mudik tahun lalu saya sempat mencoba bikin sajian seblak basah makanan bertumis dari bahan krupuk aci dari daerah Sunda khususnya Bandung dan sekitarnya. Waktu itu sepertinya memang sedang trend kuliner ini deh...dan seperti biasa saya juga ikut penasaran dengan rasa makanan dari bahan krupuk aci yang super pedas tersebut.

Resep dari hasil googling...berjumpa dengan seblak basah dari "FEMINA Online". Alhamdulillah setelah mencoba resep seblak basah dari Femina hilang sudah rasa penasarannya...sudah bisa mencicipi rasa seblak basah dari krupuk aci/tapioka. Sehingga akhirnya jadi sering bikin juga setelah tahu nikmatnya seblak basah yang pedasnya bikin lidah membara.

Sebenarnya makanan ini biasa saja yaa, hampir mirip masakan mie goreng gitu deh, hanya beda dibahan utamanya dan sedikit beda dalam bumbunya, jadi bedanya cukup banyak juga yaa...bisa aja, he he hee...

Ya sudah yuk...kita tengok resep seblak basah yang sudah saya bikin dan tentunya sedikit saya rubah sesuai selera dan ketersediaan bahan yang ada di dapur kecil saya. Harap maklum...saya dan keluarga kurang suka masakan yang terlalu pedas, makanya diresep ini saya mengurangi agak banyak cabe rawitnya, dan mengganti dengan saos sambal saja.


Seblak Basah
Source: Femina Online
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 g kerupuk warna oren (krupuk bubur ayam)
3 sdm minyak sayur
1/2 buah bawang bombay iris tipis
1 buah cabe merah iris serong
1 butir telur ayam, kocok lepas
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 sdm saos sambal
1 sdm saos tiram
250 ml air panas

Bumbu Halus:
5 buah cabai rawit merah (sesuaikan selera pedasnya)
3 siung bawang putih
1 sdm udang ebi rendam dalam air panas, tiriskan
5 cm kencur
2 butir kemiri

Bahan Pelengkap:
Bawang merah goreng untuk taburan (kalau suka)


Cara Membuat:
1. Rendam kerupuk dalam air putih hingga mekar (± 1 - 2 jam), tiriskan. Sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan bawang bombay hingga harum.  Masukkan kerupuk basah dan cabe merah iris, aduk rata.
3. Tuangkan telur kocok, aduk cepat hingga berserabut dan matang. Tambahkan bawang daun, saos tiram, saos sambal, garam, dan gula pasir, aduk rata. Boleh ditambah kecap manis jika suka lebih terasa pedas manis.
4. Tuang air panas agar seblak berkuah nyemek2, masak sejenak hingga semua bahan matang.
5. Angkat dan sajikan dengan bahan taburan bawang goreng.

#Note:
- Kalau ingin bikin seblak basah lebih ramai isinya dan lebih bergizi, bisa ditambahkan isiannya dengan irisan bakso, sosis, cekernya ayam yang sudah direbus dulu hingga empuk, atau ditambahkan sayur mayur seperti kobis, wortel, dan sawi, jadi makin meriah seblak basahnya.
- Tidak hanya krupuk aci/tapioka saja yang bisa jadi bahan utamanya, kita bisa berkreasi membuat seblak basah dengan menggunakan krupuk ikan atau krupuk udang, pasta makaroni, pasta spagheti, bisa pakai mie basah atau mie kering, dan kwetiau basah atau kering. Sesuaikan selera dan ketersediaan bahan yang ada di rumag, yakin deh...InsaAllah dijamin tetap nikmat dan nendang rasanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar