Jumat, 24 Januari 2014

Nasi Kuning Yogurt



Bismillah...

Saatnya Memasak Sehat...

Kemaren saya membuat nasi kuning dengan lauk ayam bakar bumbu bacem dan sambel trasi saja, yang agak berbeda dan spesial ini nasi kuningnya.Tidak menggunakan santan seperti biasa layaknya orang bikin nasi kuning.

Iyaa...bagi saya spesial karena ini nasi kuning yogurt, santannya saya ganti menggunakan yogurt, dengan harapan nasi kuningnya lebih sehat. Dan sungguh rasanya tidak mengganggu lidah, terbukti anak2 dan bapak tidak protes dan komplen sama sekali saat menyantap hidangan ini. Aman dan tentram deh, berarti epidose2 yang akan datang kalau memasak nasi kuning tidak perlu sibuk memeras santan lagi.

Bisa juga di aplikasikan untuk membuat nasi uduk, nasi bakar...dan nasi kebuli,  tentunya ini bagi yang familier dengan rasa dan aroma yogurt tidak menjadikannya masalah. Untuk yang belum terbiasa mengkonsumsi yogurt kemungkinan awalnya akan merasa sedikit aneh dilidah...tetapi InsaAllah tidak akan lama, begitu merasakan nasi kuning yogurt ini dijamin pantang menolak untuk mencoba icip lagi.

Di bawah ini saya akan tuliskan resep memasak nasi kuning yogurt dengan menggunakan penanak nasi magic-com/rice-cooker. Jadi membuatnya lebih simpel dan praktis...tidak harus lama2 memasaknya. Sementara menunggu nasi kuning matang, bisa disambi untuk memasak pelengkap nasi kuning, begitu kan yaa...bukankah pinginnya ibu2 di dapur itu segera beres dan bisa melanjut pekerjaan rumah lainnya yang sudah antri di depan mata.


Nasi Kuning Yogurt
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr beras putih cuci bersih
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
1 lembar daun pandan
1 batang serai geprek
1 sdt bubuk kunyit halus
1/2 sdt garam (secukupnya)
1 sdt air jeruk nipis/lemon
1 sdm minyak goreng (saya pakai sun flower oil)
200 ml yogurt (kurang lebih 1 gelas)
500 ml air (kebutuhan air sesuikan dengan beras yang biasa digunakan)




Cara Membuat:
1. Masak air hingga mendidih, angkat. Tuangkan air ke dalam panci magic-com/rice-cooker.
2. Masukkan semua bahan kedalam panci magic-com/rice-cooker yang sudah berisi air panas. Aduk hingga
tercampur rata. Koreksi rasa dan warna kuningnya sudah pas apa belum.
3. Masak dengan menekan/klik tombol cook pada magic-com hingga matang. Diamkan sebentar kurang lebih 10-15 menit agar nasi tanak, lalu buka petutup magic-com, aduk2 nasi kuning supaya tidak memadat.
4. Sajikan dengan lauk pauk pendamping sesuai selera.




Selamat Mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar