Sabtu, 28 Desember 2013

Tumis Ayam Yogurt Bumbu Kari



Masakan ayam ini ceritanya hanya resep karangan bebas saya, terinspirasi karena sering mencicipi masakan India, maklum disini banyak warung2 makan/resto India dan kadang2 saya dan keluarga memang suka beli masakan India...lidah kami sudah mulai bisa beradaptasi dengan menu ala Bombay.

Memasaknya sangat mudah dan cepat, jadi bisa diandalkan...jika kita dalam kesempitan waktu dan bahan2nya gak banyak, rasanya nikmat menggoyang lidah. yang menjadi ciri khasnya masakan India adalah adanya bahan bumbu seperti yogurt, daun kari dan bubuk kari India. Jika tidak ada daun kari gak usah kuatir...gak pakai juga gak jadi masalah, hanya saja bubuk kari ini harus ada. Kalau bubuk kari juga gak ada bisa saja pakai bumbu kare instan seperti produk Indofood atau yang lainnya.


TUMIS AYAM YOGURT BUMBU KARI
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

500 gr daging dada ayam fillet potong tipis2
3 sdm yogurt plain/tawar
30 lembar daun kari (daun salam koja)
2 buah cabe merah besar potong serong
2 buah cabe hijau besar potong serong
1 buah tomat merah ukuran sedang, potong tipis2
5 siung bawang putih iris tipis
1 buah bawang bombay ukuraan sedang, iris tipis
1 sdm penuh bubuk kari (saya pakai Madras Curry Powder kemasan kaleng)
Kalau gak ada bubuk kari, bisa pakai bumbu kare instan produksi Indofood atau Cap Bambu.
garam dan gula pasir secukup rasa
3 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara Memasak:
1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu dan harum. Masukkan cabe merah, cabe hijau dan tomat iris, masak dan aduk hingga rata.
2. Masukkan daging ayam, aduk hingga ayam berubah warna, tuangkan yogurt dan taburkan daun kari, aduk hingga semua tercampur rata.
3. Beri garam dan gula pasir secukupnya, sambil koreksi rasanya. Masak daging ayam hingga matang dan kuah mengental. Angkat dan sajikan bersama nasi putih yang hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar