Minggu, 29 Desember 2013

ES KRIM ALPUKAT



Saya suka sekali dengan buah alpukat, apalagi kalau buah alpukatnya masak pohon. Waktu saya masih kecil...di rumah eyang saya ada pohon alpukat mentega, daging buahnya berwarna hijau kekuningan dan lembut sekali. Seringnya saya makan buah alpukat dengan cara hanya dikerok daging buahnya dan ditambah gula pasir...lalu di kacau2 pakai sendok biar buahnya hancur bersama gula pasir, wuahh...sedap banget. Dan sampai sekarangpun saya masih suka menikmatinya dengan cara yang sama. Malah kurang suka jika buah alpukat yang di jus...lebih mantab dengan cara jadul, ala ajaran nenek moyang dahulu. Sensasinya beda banget, halah sensasi apaa...karena dulu belum ada blender elektrik aja kali.

Nah, sesekali kalau mau rajin saya sering juga bikin es krim dari buah alpukat, rasanya lembut dan klenyer...bikinnya mudah dan bahan2nya juga simpel. Marii...kita membuat es krim alpukat, pasti semua suka, dan pastikan buah alpukatnya bener2 sudah tua dan matang...jadi tidak berasa sepet dan pahit. Memilih buah alpukat yang tua dan masak, dengan cara menekan kulit buah...jika ditekan terasa lembut berarti sudah tua. Dan jika buahnya kita goyang2kan...biji didalamnya akan berbunyi atau kalau dalam bahasa jawanya ada suara "klothak2" gitu deh, he hee...


ES KRIM ALPUKAT
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
4 buah alpukat, kerok daging buahnya
1/2 kaleng susu kental manis putih
300 ml air putih
Untuk resep es krim ini tidak harus baku seperti yang saya tulis yaa, bisa saja di modif sesuai bahan yang ada dan selera keluarga.

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan di dalam mangkok kaca blender, lalu blender hingga buah alpukat menjadi halus.
2. Kemudian pindahkan ke dalam wadah kedap udara (box plastik), simpan di dalam freezer selama kurang lebih 3 jam.
3. Keluarkan dari freezer, kalau sudah keras dan beku...tunggu sebentar biar agak mencair. Lalu mixer hingga adonan es krim menjadi semakin halus dan lembut. Simpan lagi di dalam freezer selama 2-3 jam hingga beku.
4. Sajikan sewaktu-waktu bila ingin menyejukkan kerongkongan dengan es krim alpukat. boleh dihias dengan topping suka2 sesuai selera.


Selamat Mencoba...

8 komentar:

  1. Makasi byk ya mba..resep2nya sudah sering sy praktekkan dan berhasil..paten bgt mba ^^

    BalasHapus
  2. Sama2 mb Veg...makasih juga ya, sudah cobain resep2 saya, seneng sekali jika bermanfaat...
    Salam kenal...

    BalasHapus
  3. resepnya bermanfaat bgt mbk... makasih ya...:) (bunda naurah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mb...bunda naurah, semoga bermanfaat, terima kasih juga sudah mampir di blog saya yg sederhana ini...

      Hapus
  4. Mba,,,salam kenal,,,btw brpa lama wktu yg di butuhkan utk bagian mixer x,,,tq

    BalasHapus
  5. Makasih sis resepnya, bisa jadi bahan referensi bisnis es krim :D

    BalasHapus