Senin, 30 Desember 2013

Bolu Kukus Lapis Pisang



Bikin bolu kukus pisang ini sudah agak lama, seperti biasa...lupa lagi untuk memasukkan resepnya di blog. Dan memang rencana saya agak banyak tak sesuai skedul di akhir bulan dan akhir tahun ini. Karena sudah banyak foto2 yang saya edit dengan mencantumkan tahun bikin yaitu 2013, namuun...belum sempat saya simpan di dalam dapur maya tercinta. Banyak hal ternyata yang menjadi kendala...selain sibuk urusan anak2 di rumah, juga karena waktu yang sangat terbatas untuk bisa santai konsen di depan laplip saya.

Wis deh...gak perlu banyak kata, talk less do more...
Akan saya lembur acara akhir tahun ini dengan menulis saja, gak ada acara liburan ke mana2 ini. Maklum karena anak saya sekolahnya tidak di sekolah berbasik Amerika atau Eropa, kami memilih sekolah muslim...jadi gak ada libur akhir tahun untuk vacation.




Bolu Kukus Lapis Pisang
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

Bahan A:
4 butir telur
150 gr gula pasir
1 sdt SP

Bahan B:
150 gr tepung terigu
1/4 sdt baking powder
1/2 sdt vanili bubuk
1/8 sdt garam halus (sedikit aja)
---> Aduk semua bahan hingga tercampur rata, kalau perlu disaring.

Bahan C:
200 gr pisang ambon/cavendish haluskan
1 sdt air jeruk lemon

Bahan D:
50 ml susu cair
50 ml minyak goreng

Bahan E:
50 gr messes ceres untuk bahan pelapis
50 gr keju cheddar parut untuk topping/taburan

Cara Membuat:
1. Kocok dengan mixer bahan A hingga mengembang putih dan kental.
2. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit bergantian dengan bahan C, gunakan mixer untuk mengaduknya sampai tercampur rata.
3. Tuangkan bahan D, susu cair dulu baru kemudian minyak gorengnya, aduk dengan mixer kecepatan rendah hingga tercampur rata.
4. Bagi adonan bolu kukus menjadi dua bagian, kukus setengah bagian adonan pada loyang loaf ukuran 24x10x7 cm atau loyang kotak ukuran 20x20x7 cm. Lama mengukus kurang lebih 15 menit.
5. Setelah 15 menit dan matang, buka penutup klakatnya, taburi bagian atas bolu dengan messes ceres dan kukus lagi selama 5 menit.
6. Tuangkan sisa setengah adonan bolu diatas bolu yang sudah matang, dan kukus kembali hingga matang selama 20 menit. Buka penutup kukusan, taburi bagian atas bolu kukus dengan keju cheddar parut, kukus lagi agar keju meleleh selama 5 menit.
7. Angkat dan dinginkan. Potong sesuai selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar