Selasa, 12 November 2013

PUDING COKLAT




Bismillah...

Puding yang selalu jadi favorit di keluarga kami adalah puding dengan rasa coklat, dan resep ini yang selalu saya buat untuk membuat puding coklat. Bahan2nya cukup simpel, mudah didapat dan gampang pula membuatnya. Bagaimana dengan rasa pudingnya...tentu nikmat dan ajiib lah, he hee...

Silahkan ceki ceki resepnya di bawah ini, semoga saja sesuai selera...


PUDING COKLAT
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
2 sachet agar2 bubuk putih swallow globe
1 kaleng susu kental manis putih
6 kaleng air putih (kaleng bekas susu kental manis)
50 gr coklat bubuk
150 gr gula pasir
150 gr Dark Cooking Chocolate/coklat blok cincang halus
1 sdt vanili bubuk

Bahan Vla:
750 ml susu putih cair tawar
1 sdm tepung maizena
1 sdm tepung kustard
100 gr gula
1 kuning telur kocok lepas
1/4 sdt garam (seujung sendok teh)
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdm mentega tawar


Cara Membuat Puding:

1. Siapkan cetakan puding untuk ukuran volume 1.5 liter, basahi bagian dalamnya dengan air putih matang dan tiriskan.

2. Cairkan coklat bubuk dengan 1 kaleng air putih yang panas (diambil dari yang 6 kaleng air), aduk2 hingga coklat bubuk larut. Masukkan pula coklat blok cincang kedalamnya, aduk2 hingga coklat blok meleleh dan larut menjadi satu.

3. Tuangkan sisa air yang 5 kaleng kedalam panci, lalu masukkan agar2 bubuk putih, gula pasir, vanili bubuk dan larutan coklat bubuk+coklat blok. Masak dan aduk terus hingga adonan tercampur rata dan mendidih. Angkat dan aduk2 hingga hilang uap airnya.

4. Tuangkan ke dalam cetakan puding, dinginkan. Simpan dalam kulkas hingga puding beku dan dingin. Sajikan puding bersama vla vanila.





Cara Membuat Vla Vanila:

1. Campur semua bahan vla dalam panci perebus...kecuali kuning telur dan mentega, aduk rata dengan wisk. Lalu rebus diatas panas api sedang sambil tetap diaduk-aduk dengan wisk.

2. Kocok lepas kuning telur, lalu ambil 2 sendok sayur larutan vla yang sedang direbus, aduk-aduk cepat agar telur tidak matang kena panas.

3. Masukkan campuran telur tersebut kedalam larutan vla yang sedang direbus, aduk-aduk segera hingga tercampur rata, aduk terus sampai larutan mengental dan meletup-letup, masukkan mentega dan aduk lagi hingga larutan vla menjadi halus licin dan mengental. Angkat segera dan pindahkan kedalam mangkok saji vla vanila. Siap untuk dijadikan pelengkap puding.

3 komentar:

  1. Assalamu'alaikum
    mba,saya sdh voba resep yang mirip dgn pny mba. Rasanya nemang enaak dan nyoklat. Tapi kenapa ya rasanya kok berpasir?saya gunakan dcc tulip dan cokbuk van houten. Atau adakah trik khusus untuk mencampur coklat blok ke dlm puding spy tdk berpasir rasanya?
    Terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba disaring dulu mb Detik...DCC+coklat bubuk dan air panasnya...sebelum dituangkan ke dalam panci rebusan.

      Memang DCC dan coklat bubuk selalu membuat puding jadi seperti masir gitu mbak...krn coklat bubuk terurama, memiliki butiran yg agak kasar dibanding tepung maizena dan tepung terigu. jadi ya wajar saja kalau berasa seperti ada pasir berisik di dlm pudingnya :)

      Kalau mb Detik beli puding diluaran...kebanyakan pakai pasta coklat jadi terasanya lebih lembut dan tidak berpasir...karena gak pakai DCC.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus