Jumat, 01 November 2013

Ikan Pallumara



Senangnya ketika ada teman saya yang asli orang Makassar berbaik hati mau mengajari saya memasak menu khas dari sana, yaitu ikan pallumara. Beliau teman sesama wali santri anak2 kami di pondok Gontor, saat pertengahan bulan ramadhan kemarin kami bertemu di rumah almarhum orangtua saya di Ponorogo. Saya ajak bu Rahma menginap di rumah kami, dan begitulah cerita awalnya hingga saya mendapatkan ilmu masakan asli dari daerah beliaunya.

Cara memasak ikan pallumara ternyata sangat sederhana dan mudah, bahannya juga tidak terlalu banyak macam bumbu dan rempah2. Asli rasanya nikmat banget, mirip2 pindang kuah ikan yang biasa saya buat. Saya yang tidak terlalu suka makan ikan setelah memasak ikan pallumara jadi bisa menikmati kelezatannya, dan ternyata sekarang jadi menu istimewa di dapur kami ini. Alhamdulillah...

Resep ikan pallumara yang saya tulis dibawah ini sudah saya modifikasi sesuai kebutuhan serta selera dalam bahan2, bumbu2 dan cara memasaknya, namun begitu tidak merusak citarasa asli dari resep yang diajarkan oleh teman saya. Mudah2an beliau berkenan dan saya berharap tidak menjadi persoalan bagi orang asli Makassar yang menguasai resep ini.





IKAN PALLUMARA
Source: Ibu Rahma Hanafi
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 kg ikan kembung besar bersih potong jadi 2, lumuri dengan air jeruk nipis
100 gr asam jawa larutkan dalam 200 ml air panas
50 gr gula merah, sisir halus (secukupnya)
2 sdt garam (secukupnya)
15 buah cabe rawit merah
1 sdm kunyit bubuk
1 liter air panas untuk kuah ikan
5 buah belimbing sayur potong serong jadi dua
segenggam daun kemangi buat taburan
2 sdm bawang merah goreng untuk taburan

Bumbu Iris:
5 siung bawang putih
5 butir bawang merah
2 batang serai iris2 serong
5 cm kunyit iris2 serong





Cara Memasak:
1. Remas2 asam jawa yang sudah direndam dalam air panas, tentunya menunggu airnya dingin. Setelah itu saring air asamnya.
2. Tumis bumbu iris dengan sedikit minyak goreng hingga bumbu harum dan layu. Masukkan kunyit bubuk, cabe rawit merah dan air asam.Aduk2 hingga air mendidih.
3. Masukkan ikan dan tambahkan air panas secukupnya (sesuai selera untuk kuahnya, asal tidak berlebihan). Tambahkan  potongan buah belimbing sayur, garam secukupnya dan gula merah secukup rasa (boleh agak banyak jika suka kuah yang manis asam).
4. Masak terus hingga ikan empuk dan matang, sesaat terakhir sebelum diangkat masukkan daun kemangi dan taburan bawang merah goreng. Tutup panci sebentar, lalu matikan api dan angkat panci dari kompor. Sajikan dalam keadaan ikan masih hangat.


Selamat Mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar