Minggu, 21 April 2013

Rich Choco Ice Cream




Alhaamdulillah...

Last one...homemade choco ice cream, so yummy...lembut memanjakan lidah. Rasa coklatnya begitu terasa sekali...karena saya menggunakan coklat yang kualitasnya terbukti (Cadbury dairy milk untuk menggantikan DCC/coklat masak pekat dan coklat bubuk Cadbury cocoa). Sampai terlupa untuk menyisakan buat didokumentasikan, untung masih ada satu cup...jadi bisa nampang disini, mudah2an hari lain ada waktu untuk bikin lagi :)

Resepnya saya ambil dari koleksi buku di perpustakaan pribadi saya Seri Masak Femina "Primarasa" Inspirasi Usaha Boga 2. Dibawah ini saya tuliskan setengah dari resep yang seharusnya. Rich Chocolate Ice Cream Source: Buku Seri Masak Femina "PRIMARASA"

Rich Choco Ice Cream
Resep: Seri Masak Femina "Primarasa" Inspirasi Usaha Boga 2

Bahan:
150 ml susu cair
1/4 sdt vanili bubuk
15 gr coklat bubuk
3 kuning telur
90 gr gula pasir
300 ml krim kental (thick cream)
125 gr coklat masak pekat/coklat blok

Cara Membuat:
1. Masak susu cair+vanili bubuk, aduk hingga hangat. Ambil 50 ml susu panas, lalu campurkan ke coklat bubuk, aduk hingga larut. Tuang larutan coklat bubuk kedalam panci susu dan aduk hingga rata, jaga jangan sampai mendidih, cukup sampai beruap saja. Angkat.
2. Kocok kuning telur dan gula pasir dg mixer sampai agak kental memucat dan gula larut kurang lebih selama 3 menit.
3. Tuang larutan susu coklat ke dalam telur kocok, aduk menggunakan spatula hingga rata.
4. Masukkan kembali ke panci bekas merebus susu, lalu jerang/panaskan dengan api kecil selama 3-4 menit hingga adonan mengental (jangan sampai mendidih). Angkat.
5. Masak krim kental dalam panci dengan api kecil hingga krim kental mencair dan muncul gelembung2 kecil di pinggir panci, masukkan coklat masak pekat yang sudah dipotong2 kecil dan aduk hingga larut dan menjadi adonan yang licin.
6. Tuangkan adonan susu coklat telur (no.4) kedalam adonan krim kental coklat, aduk rata dan biarkan hingga dingin. Pindahkan ketempat/wadah lain, lalu masukkan ke dalam freezer, biarkan beku selama minimal 3 jam. Keluarkan adonan dari freezer, aduk2 agar setengah beku lalu mixer selama 5 menit hingga lembut. Masukkan kembali dalam freezer, ulangi proses mengocok dan membekukan hingga 3-4 kali sampai adonan es krim bener2 lembut. Atau bisa memproses dengan ice cream maker sehingga lebih cepat.

Selamat Mencoba...

1 komentar: