Jumat, 26 April 2013

Arem-Arem



Alhamdulillah...

Foto arem-arem ini sudah lama tersimpan di draft Dapur Griya Khayangan, hanya saja saya lupa untuk menuliskan resepnya, nah...kini saatnya saya dokumentasi resep arem-arem, agar sewaktu-waktu diperlukan bisa langsung ditengok disini.

Kayaknya jajanan snak ini banyak yang suka yaa...saya juga gak bakal nolak jika disuguhin lontong isi ini, dihidangkan bersama sambel kacang yang agak pedas. Wuih...sedaaap, makan 2 atau 3 bungkus langsung kenyang deh.


Arem Arem Isi Tempe dan Sayuran
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Lontong:
500 gr beras, cuci hingga bersih
1500 ml santan (tidak perlu terlalu kental/sedang saja)
garam secukupnya
3 lembar daun salam
1 batang daun serai

Bahan Isi:
1 papan tempe kukus, haluskan agak kasar
5 buah hati ayam kukus, potong kecil2
1 buah wortel potong kotak kecil
2 buah kentang ukuran sedang potong kotak kecil
200 ml air santan
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas digeprek
2 lembar daun jeruk purut hilangkan tulang daunnya
1 batang daun bawang iris halus
5 tangkai kemangi iris halus
3 sdm minyak goreng untuk menumis
garam dan gula secukup rasa

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 buah cabe merah besar

Cara Membuat:

1. Membuat Isian:
- Tumis bumbu halus dengan minyak goreng bersama daun salam, daun jeruk dan lengkuas hingga harum. Masukkan wortel dan kentang, aduk hingga rata. Tuangkan air santan, masak hingga mendidih, masukkan tempe kukus halus dan hati ayam. Aduk2 hingga tercampur rata.
- Beri garam dan gula pasir secukupnya hingga pas rasanya, masukkan daun bawang dan daun kemangi, aduk2 hingga tercampur rata dan air santan meresap dan menyusut/kering. Angkat..biarkan dingin.

2. Memasak nasi aron lontong:
- Rebus air santan, garam, daun salam dan daun serai sambil diaduk2 hingga mendidih. Masukkan beras, aduk2 sampai santan terserap oleh beras. Angkat, biarkan agar nasi aron agak dingin dan air santan benar2 terserap oleh beras (kurang lebih setengah jam, jangan langsung dibungkus dalam keadaan panas).
- ambil selembar daun pisang, beri nasi aron secukupnya, beri sesendok makan isian lalu tutup isian dengan nasi aron sambil dipadatkan biar isian tertutup nasi. Bungkus dan gulung seperti membuat lontong, sematkan dengan lidi/tusuk gigi baru. Kukus selama kurang lebih 1 jam atau hingga matang dan tanak, lebih lama waktu mengukusnya akan lebih bagus hasil lontongnya.

1 komentar:

  1. Hi mb Ita, saya penggemar setia blogmu lho :) .. Seneng ada org spt mb Ita yg mau berbagi ilmunya, smga barokah dunia akhirat y mb... Btw sy newbie bgt soal arem2, boleh dishre step by step membungkus daun pisangnya.. Terima kasih sebelumnya... - yanti, tangerang-

    BalasHapus