Rabu, 27 Februari 2013

Cake Marmer (Marble Cake)



Alhamdulillah...

Akhirnya tertunai juga membuat cake marmer ala emak...maksudnya cake marmer ala bikinan ibu saya dulu, hehee...jadul deh, jaman dahulu kala...saat saya dan mungkin juga ketika anda masih kecil. Cake ini dulu sangat populer...karena belum ada dan belum bermunculan kreasi cake2 baru seperti saat sekarang. Dan ternyata hingga kini...cake marmer masih banyak penggemarnya, kembali ngetren...karena dengan satu potong cake marmer ini akan mengingatkan memori masa silam saat bersama orang2 tercinta di kampung. Walah...malah jadi flashback, kenangan saat masih ada ayah ibu...bahagia rasa itu namun tak kan terulang lagi.

Kembali kita akan bahas tentang resepnya...cake marmer bisa dibuat dengan metode sponge cake, chiffon cake, dan bisa pula dibuat dengan metode butter cake. Untuk saat ini saya membuat dengan metode yang ketiga, yaitu  dengan metode butter cake, jenis cake ini padat dan berat, cara membuatnya dengan mengocok gula pasir dengan margarin hingga lembut (creamy). Untuk menghasilkan cake yang lembut pada metode butter cake ini, sebaiknya pisahkan pengocokan antara kuning telur dengan putih telurnya. Jadi putih telur di kocok tersendiri di wadah lain, baru kemudian dicampurkan pada saat terakhir setelah memasukkan tepung terigu.

Sementara kalau almarhumah ibu saya, dulu ketika membuat cake marmer dengan cara mengocok gula pasir dan margarin, kemudian telur dimasukkan satu persatu tanpa dipisahkan antara kuning dan putihnya. Cukup agak repot memang...dengan acara pakai pisah2 kan bagian kuning dan putih telur, dan dikocok terpisah pula. Tapi memang hasilnya InsaAllah tidak seret dan dan tidak terlalu padat seperti cake marmer pada umumnya. Dan cake marmer ini sangat simpel, sederhana bahan2nya...tanpa penambahan bahan pengembang kue dan bahan emulsifier.


CAKE MARMER (Marble Cake)

Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

250 gr gula pasir butir halus/kastor (saya lebih suka pakai gula halus)
300 gr butter/margarin 
8 kuning telur

200 gr tepung terigu + 1 sdt vanili bubuk

6 putih telur + 1 sdt gula pasir ---> kocok hingga putih setengah kaku (soft peak)

2 sdm coklat bubuk + 3 sdm air panas ---> aduk hingga rata menjadi pasta coklat
Atau...
Di ganti dengan 1 sdt pasta coklat/mocca/pandan, sesuai selera.

Cara Membuat:
1. Kocok dengan mixer gula pasir halus dan margarin/butter hingga mengembang putih kurang lebih 10 mnt tergantung kekuatan/kecepatan mixernya.
2. Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga mengembang makin lembut dan putih.
3. Tambahkan tepung terigu dan vanili bubuk sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok dengan mixer kecepatan rendah.
4. Masukkan putih telur secara bertahap 3 kali, aduk balik pelan2 hingga tercampur rata.
5. Bagi adonan menjadi 2 bagian yaitu 1/3 bagian dan 2/3 bagian. Campur 1/3 bagian adonan dengan pasta coklat bikinan sendiri/pasta coklat botol, dan aduk hingga rata. Sisa adonan yang 2/3 bagian biarkan berwana putih.
6. Siapkan loyang tulban ukuran diameter 22/24 cm, oles dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu. Tuang setengah bagian adonan putih, tuang lagi diatasnya adonan coklat. Lalu tuangkan kembali sisa adonan putih, dan tuang lagi sisa adonan coklat diatasnya. Dengan bantuan garpu atau sumpit, putar2 adonan membentuk pola acak atau marmer.
7. Panggang dengan oven dengan panas suhu 180'C selama kurang lebih 45-60 menit atau hingga matang.

Selamat berkarya...semoga sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar