Sabtu, 05 Januari 2013

Utak Atik Bikin Resep Lapis Bogor



Eksperimen-ku di awal tahun 2013...

Coba coba membuat brownies kukus lapis talas , terinspirasi dari Bolu Lapis Bogor yang berbahan baku talas, dan padahal sebenarnya saya belum pernah mencoba icip-icip rasa lapis bogor yang sedang booming itu. Sepertinya kalau dilihat dari penampilan fotonya sudah hampir mirip yaa, ehee...menghibur diri (foto lapis bogor sangkuriang diatas, saya download dari google).

Yaah, gak apa-apa yang penting sudah berusaha...saya coba bikin berdasar feeling dengan mengacu pada resep dasar yang sudah saya kuasai aja. Mengolah dari resep brownies kukus yang kemudian saya modif lagi...jadilah seperti ini, rasa brownies kukus talas ini menurut saya hanya satu kata "enak" yang pasti memang lembut banget, dan yang sudah ngicip2 juga bilang sama.

Untuk resep, saya menggunakan talas asli yang dikukus dan dihaluskan, sedang sebenarnya resep bolu lapis talas Bogor itu menggunakan tepung talas. Saya rasa memang ada perbedaan hasil yaa...karena yang saya bikin ini bukan bolu kukus biasa, akan tetapi brownies kukus yang berbahan dasar dari talas asli dan bukan talas yang sudah dibuat menjadi tepung.

Jika ingin membuat bolu ini, bisa menggunakan resep brownies talas atau ubi ungu yang beredar di dunia maya yaa...silahkan searching and browsing mengolah dan memodifikasi sendiri, belajar untuk lebih mengembangkan ide dan aktif kreatif itu sesuatu hal yang excited, penuh tantangan lho...dan bila berhasil bahagianya tak terkira.




Saya merasa belum cukup puas dengan hasil eksperimen bolu talas ini, masih ingin bereksplorasi dengan bereksperimen lagi, berharap sekali nanti kalau pas mudik bisa jalan2 ke Bogor dan mencoba bolu lapis talas yang asli dari Bogor. Sehingga terbayar rasa penasaran saya, juga bisa merekam bagaimana rasa bolu talas yang kabarnya sangat terkenal akan kelembutan dan kelezatannya tersebut (benarkah begitu...kita juga abelum membuktikannya), dan kelak bisa membuat resep yang pas, minimal sama enaknya. Sebuah obsesi yang sangat ingin terealisasi, semoga...


Selamat Berkarya... ^^

4 komentar:

  1. Resepnya mana mba? Salam kenal yaaa

    BalasHapus
  2. Makasih sudah mampir ke dapur griya khayangan mb Octaviandrie, InsaAllah nanti akan saya bagi resepnya jika saya sudah mudik ke Indo...dan mencicipi lapis bogor sangkuriang yang asli seperti apa :), jadi saya bisa membandingkan rasa antara bikinan saya dg rasa lapis bogor yg terkenal itu. Saya kuatir hasil resep saya tak lebih enak...makanya belum berani share resep.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus