Kamis, 27 Desember 2012

WAFEL



Ternyata banyak sekali foto2 hasil masak memasak di dapur kecil saya yang belum sempat terbingkai dan terposting...ini saatnya satu persatu saya tuliskan saja resep2nya, agar tersimpan rapi dalam kamus resep praktis di Dapur Griya Khayangan.

Salah satunya ini nih...wafel atau kue bapel (orang jawa bilang) yang sering saya bikin, ada aroma rempah2 dari bumbu spiku. Untuk membuatnya gak sulit koq...hampir mirip membuat kue pukis. Dan yang jelas rasanya nikmat lembut menggoda lidah dan aroma rempahnya wangi semribit. Jika kurang suka dengan wangi bumbu spiku bisa saja di skip/dihilangkan. Ganti saja dengan aroma kesukaan..atau cukup tambahkan sedikit vanili bubuk.

WAFEL
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Biang:
50 gr tepung terigu
1/2 sdm ragi instan
1/2 sdm gula pasir
100 ml air hangat

Bahan Lain:
5 kuning telur
2 putih telur
150 gr gula pasir
150 gr tepung terigu
1 sdt bumbu spiku/vanili bubuk
1/2 sdt garam halus
200 ml santan kental
1 sdm margarin lelehkan

Cara Membuat:
1. Campur bahan biang menjadi satu, aduk rata. Diamkan selama 15 menit  hingga berbuih.
2. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang, sisihkan.
3. Aduk rata tepung terigu, bumbu spiku dan garam. Masukkan biang dan santan secara bergantian sambil diaduk hingga rata.
4. Tambahkan kocokan telur, aduk sampai licin. Diamkan kurang lebih 2 jam agar mengembang. Masukkan margarin leleh, aduk hingga rata.
5. Panaskan cetakan wafel yang sudah dioles margarin hingga cetakan panas dengan nyala api kecil saja.
6. Tuangkan adonan wafel ke dalam cetakan hingga penuh rata, tutup cetakan. Biarkan hingga setengah matang, kemudian balik cetakan dan tunggu hingga matang. Keluarkan dari cetakan dengan cara dicukit.
7. Sajikan dalam keadaan masih hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar