Jumat, 21 Desember 2012

Kroket Kentang



Membuat kroket kentang itu ternyata bisa gagal juga ya, untuk itu kita musti tahu tips dan trik-nya saat mengolah dan memasak kroket kentang. Ada beberapa teman yang mengeluh koq adonan kroketnya pecah melulu saat di goreng yaa...

Nah, mari kita belajar membuat kroket kentang yang hasilnya cantik dan mulus tanpa cela...ikuti saja cara2 saya dibawah ini, InsaAllah nanti akan berhasil sesuai keinginan...

Kroket Kentang
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kulit:
1 kg kentang kukus dan haluskan (pilih kentang yang kualitas bagus/kentang test)
1 sdt garam
1 sdt lada halus
1/2 sdt pala bubuk
1 sdm margarin
1 kuning telur
2 sdm susu bubuk
minyak goreng untuk menggoreng kroket kentang

Bahan Isi:
3 sdm minyak goreng
1/2 buah bawang bombay cincang
5 siung bawang putih haluskan
150 gr wortel iris dadu lalu rebus
100 kacang polong beku/kalengan
150 gr daging dada ayam giling
100 gr udang cincang
50 ml susu cair tawar
3 batang daun seledri cincang
2 helai daun bawang cincang
1 sdt garam
1 sdt lada bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdm tepung terigu

Bahan Panir:
3 sdm tepung terigu
150 gr tepung roti kasar (panko)

Bahan Celupan:
2 butir telur kocok lepas




Cara Membuat:
1. Campur kentang kukus yang sudah halus dengan garam, lada bubuk, pala bubuk, margarin, kuning telur, dan susu bubuk. Aduk hingga tercampur rata, rasakan sudah pas apa belum rasanya. Sisihkan. Kalau adonan terasa masih lembek boleh ditambahkan susu bubuk sedikit demi sedikit sampai adonan tidak lengket saat dikepal dengan telapak tangan.
2. Membuat Isi: panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan ayam suwir, udang cincang, kacang polong, wortel. Aduk hingga udang berubah warna, tuangkan susu cair, tambahkan seledri cincang, daun bawang cincang, garam, lada bubuk, pala bubuk, gula pasir dan tepung terigu. Aduk2 hingga mengental, angkat.
3. Bagi adonan kroket menjadi 30 bulatan, ambil satu adonan bulat kemudian pipihkan isi dengan sesendok kecil isian kroket, tutup pelan2 dan bentuk bulat lonjong/oval. Lakukan hingga semua selesai dibentuk bulat lonjong.
4. Gulingkan kroket kentang ke dalam tepung terigu, lalu celupkan ke dalam kocokan telur, kemudian gulirkan ke dalam tepung panir kasar. Lakukan hingga semua kroket kentang terbalur tepung panir kasar.
5. Simpan dahulu kroket kentang di dalam kulkas kurang lebih 1 jam agar adonan kroket set/padat dan tepung panir menempel kuat pada adonan kroket kentang.
6. Kemudian goreng diatas wajan dengan minyak goreng yang agak banyak agar kroket terendam dan panasnya sedang saja, isi sedikit2 saja di wajan saat menggoreng, jangan terlalu banyak jumlahnya karena akan susah membalik kroket dan jangan terlalu sering membalik2 kroket nanti berakibat kroket kentang mudah pecah kulitnya. Jika sudah terlihat kuning keemasan segera angkat dan tiriskan.
7. Hidangkan bersama saus cabe atau cabe rawit hijau.

Selamat mencoba.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar