Sabtu, 01 Desember 2012

Homemade Saos Spaghetti



Membuat saus untuk spaghetti atau pizza ala rumahan akan lebih terjamin dari sisi kesehatan dan tentunya sesuai dengan selera lidah kita. Saus tomat untuk spaghetti menurut pendapat saya sih hampir sama dengan saus untuk membuat pizza. Jadi kalau bisa buat sendiri di dapur, kenapa musti beli yang instan dalam botol...iya kan ???

Resep saus tomat ini memang sangat sederhana, dengan bahan2 yang simpel juga. Dalam resep ini saya tidak menggunakan pasta tomat, karena saya kurang suka dengan kepekatan warna pasta tomat yang agak merah hati dan karena pasta tomat itu merupakan bahan awetan dalam kemasan, so...saya yakin meskipun tanpa pasta tomat tidak akan mengurangi sensasi rasa nikmatnya saus ini.

Homemade Saus Spaghetti/Pizza
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr tomat segar yang merah
5 sdm saus tomat botol
3 siung bawang putih cincang halus
1/2 buah bawang bombay cincang halus
1 sdt lada bubuk
1 sdt garam (secukupnya)
1/2 sdt gula pasir (secukupnya)
5 pucuk daun Basil (bisa pakai daun Kemangi) dicincang kasar
3 lembar daun Bay Lif (bisa pakai daun Salam)
1 sdm daun oregano kering (jika gak punya boleh di abaikan)
3 sdm minyak zaitun biasa untuk menumis bumbu (bisa pakai minyak goreng biasa)




Cara Membuat:
1. Potong2 tomat merah, blender dengan sedikit air. Saring dan buang ampasnya.
2. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan minyak zaitun hingga agak layu dan harum baunya.
3. Tuangkan air sari tomat, masak hingga mendidih. Masukkan saus tomat, garam, gula pasir dan lada bubuk. Aduk2 agar saus tidak meletup-letup, gunakan api yang sedang saja.
4. Masukkan daun Basil, daun Oregano dan daun Bay Leaf, aduk terus hingga saus mengental. Jika sudah matang dan kental segera angkat.




# Note:
- Jika ingin diberi filling/isian daging atau sosis, tinggal menumis daging hingga matang kemudian tuangkan saus spaghettinya, cicipi apakah kurang asin atau tidak sehingga bisa ditambahkan agar pas rasanya.
- Saus bisa ditempatkan dalam wadah yang bersih dan kedap udara, lalu disimpan dalam kulkas. Bisa bertahan satu minggu, kalau disimpan dalam freezer bisa sampai satu bulan atau lebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar