Jumat, 30 November 2012

OMBRE ROLL CAKE



Alhamdulillah, kembali saya menuangkan ide yang lama terangan-angankan, membuat bolu gulung satu warna tapi dibuat bergradasi alias Ombre Roll Cake. Resepnya tetap memakai resep *rainbow roll cake* yang sudah saya tulis beberapa bulan yang lalu di blog ini. Just inspiring...so wonderful colour cake, I like it...and I hope you like to...




STEAMED OMBRE ROLL CAKE (Bolu Gulung Kukus Ombre)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

Bahan A:
150 gr gula pasir
6 kuning telur
4 putih telur
1 sdt SP

Bahan B:
80 gr tepung terigu
10 gr tepung maizena
10 gr susu bubuk
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam
===> Campur dan aduk semua bahan hingga rata

Bahan C:
100 ml minyak goreng berkualitas bagus

Cara Membuat:
1. Siapakan loyang kotak ukuran 26x26x3 cm, olesi bagian dasar loyang dengan minyak goreng, beri alas kertas roti...dan oles kertas roti dengan minyak goreng. Untuk bagian tepi atau sisi2 loyang tidak usah diolesi minyak goreng, agar bolu kukus setelah matang tetap menempel di loyang sehingga tidak menyebabkan penyusutan ukuran bolu kukus.




2. Mixer bahan A dengan kecepatan tinggi hingga adonan menjadi putih dan kental (soft peak), jika baling2 mixer diangkat keatas adonan tidak mudah jatuh.
3. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit hingga habis tetap dengan menggunakan mixer kecepatan rendah.
4. Tuangkan bahan C dan mixer kembali dengan kecepatan rendah hingga adonan benar2 tercampur rata.
5. Bagi adonan menjadi 4 bagian dalam mangkok2 kecil, beri pewarna makanan ungu dengan kadar kepekatan warna bergradasi dari muda ke yang tua. Kemudian setiap adonan masukkan kedalam plastik segitiga (piping bag) untuk memudahkan mencetak adonan ombre di loyang.




6. Gunting ujung piping bag kira2 selebar 1 cm, kemudian semprotkan perlahan kedalam loyang berselang seling sesuai urutan gradasi/tone warna.
Sebelum dikukus, goyangkan/hentakkan perlahan sebentar saja loyang yang sudah berisi adonan, agar adonan rata dan udara yang ada didalam adonan keluar sehingga bolu tidak berongga.




7. Kukus adonan bolu gulung kedalam panci pengukus atau kelakat selama 10 menit atau hingga matang. Gunakan api kompor yang sedang saja besarnya, yang perlu diperhatikan panci pengukus harus dipanaskan kurang lebih 15 menit sebelum adonan bolu gulung dimasukkan untuk dikukus.
Dibawah ini penampakan bolu gulung kukus pelangi setelah dikeluarkan dari kelakat atau panci pengukus.




8. Siapkan kertas roti diatas meja dengan ukuran lebih lebar dari pada bolu gulung, kemudian balikkan bolu gulung diatas kertas roti. Kemudian lepaskan kertas roti yang masih menempel di lapisan atas bolu gulung. Gulung perlahan bolu saat masih panas dan padatkan dengan memutar ujung kiri kanan kertas roti. Diamkan sejenak kurang lebih 10 menit, kemudian buka gulungan bolu perlahan-lahan.
Olesi dengan butter cream merata keseluruh permukaan bolu gulung, beri parutan keju cheddar secukupnya...kemudian gulung kembali pelan2 dan padatkan dengan memutar ujung kiri kanan kertas roti. Tunggu beberapa saat atau masukkan kedalam kulkas kurang lebih 1/2 jam, baru dipotong-potong...jadi bolu gulung akan berpenampilan mulus dan manis.




Good Luck, dan selamat berkreasi...tuangkan segenap ide2 cemerlang :)

8 komentar:

  1. wah siap2 catetan nih... pengen buat....

    BalasHapus
  2. mba ita saya selalu gagal bikin bolgul nih...jadi semangat mau coba lagi nih liat posting ini..

    BalasHapus
  3. Hallo mba ita,, tanya dong mbaa.. resep ini bisa buat dioven juga ngga?? thanx b4

    BalasHapus
  4. InsaAllah bisa saja mbak kalau di oven...dicoba aja, tapi biasanya kalau di oven warna ombrenya kurang terlihat nyata bila dibandingkan dg kalau di kukus.. :)

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. perlu di coba nih...mudah mudahan berhasil...
    idah-wajo

    BalasHapus
  8. Mba ita..terigunya pake yg protein rendah/sedang yah?

    BalasHapus