Minggu, 04 November 2012

Ikan Bakar Kecap Manis



Ikan bakar merupakan menu spesial dalam keluarga saya...memang agak jarang sih memasak ikan yang dibakar, kenapa begitu...karena saya kurang suka jika aroma rumah berbau asap bekas bikin masakan yang dibakar. Maklum deh...kami kan tinggal di building bertingkat (apartement), selain karena hal tersebut...juga kuatir mengganggu kenyamanan tetangga sebelah. Sedikit enggaknya...pasti kena imbas asap pembakaran, gak ikut nyicipi masakannya, malah kena baunya doang, hihiii...toleransi deh ^^

Resep ikan bakar saya ini sederhana sekali, pokoknya dengan bumbu minimalis...dan tentu untuk rasa ditanggung menyelerakan dan bikin nambah nasi sak wakul. Apalagi jika sudah dicowel2 sama sambel kecap yang mantafff...yukk mari segera mengoprek didapur.


IKAN BAKAR KECAP MANIS
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 kg ikan kakap/ikan cuwe/ikan gerpu (ikan apa aja)
2 sdm air jeruk nipis/lemon
1/2 sdm garam (secukupnya)
1 sdm minyak goreng

Bumbu Perendam:
5 butir bawang putih
1 sdt ketumbar sangrai
3 cm jahe
3 cm kunyit
===> Haluskan semua bahan

Bahan Olesan:
5 sdm kecap manis
3 sdm minyak goreng
1 sdm air jeruk nipis/lemon
===> Campur semua bahan menjadi satu

Bahan Sambel Kecap:
5 sdm kecap manis
1 buah tomat sedang dipotong dadu kecil
3 butir bawang merah iris kasar
3 butir cabe rawit iris kasar
1 lembar daun jeruk purut iris halus
1 sdm bawang putih goreng
===> Campur semua bahan menjadi satu

Cara Membuat:
1. Bersihkan ikan hingga benar2 bersih, beri garam, minyak goreng dan air jeruk nipis...aduk rata bersama bumbu perendam. Diamkan ikan yang sudah diberi bumbu perendam selama 1 jam.
2. Siapkan alat untuk membakar ikan, kemudian bakar atau panggang ikan sambil diolesi dengan bumbu olesan, bolak balik ikan sambil dioles bumbu olesan. Jika sudah matang segera angkat dan hidangkan bersama sambel kecap dan lalapan segar sesuai selera.
3. Dalam memanggang ikan bisa menggunakan pan anti lengket (non stick) semacam teflon, maxim atau tefal. Yang harus diperhatikan adalah api...jangan terlalu besar, nyalakan kompor dengan api lilin/api yang kecil dan rata. Sehingga nantinya ikan akan matang dengan sempurna dan tidak gosong.

Mudah bukan ???, selamat memasak... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar