Minggu, 04 November 2012

Black Oreo Nastar



Kue kering ini sudah lama saya buat, waktu liburan summer kemaren dikala mudik ke Indonesia. Mumpung ada waktu senggang buat nulis2 dan mendokumentasikan proyek2 yang belum sempat dituangkan disini.

Iseng2 disaat sedang santai dibulan ramadhan kepingin bikin2 kue kering untuk cemilan hari lebaran Idul Fitri. Resepnya mengadaptasi dari resep kue nastar yang sudah pernah saya posting dulu...hanya dirubah komposisi bahan dan ada modifikasi penambahan biskuit oreo serta coklat bubuk. Sehingga warna kue kering nastarnya jadi berubah eksotis...agak negroid, coklat kehitaman tapi manis dan legit. Hahaa...


Black Nastar Oreo
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Selai :
500 gr nanas parut
250 gr gula pasir
selembar daun pandan
sebatang kayu manis
2 butir cengkeh
1 sdt air jeruk nipis*
sedikit garam.

*Fungsi air jeruk nipis ini agar selai nanas tetap berwarna kuning keemasan setelah matang (tidak kecoklatan), tips ini saya dapat dari almarhumah ibu tercinta.

Cara Membuat :
1. Parut nanas..atau blender kalo males marut, lalu rebus dipanci anti lengket sampai airnya menyusut, masukkan gula dan bahan2 lainnya.
2. Aduk2 sampai kalis dan airnya mengering...angkat, dinginkan.

Bahan Kulit Black Nastar Oreo:
150 gr margarin
50 gr mentega
70 gr gula halus
2 butir kuning telur
150 gr tepung terigu
50 gr coklat bubuk
100 gr biskuit oreo dihaluskan (tanpa creamnya yaa..)
20 gr tepung maizena
20 gr susu bubuk

Cara Membuat:
1. Kocok mentega, margarin, gula dengan mikser asal tercampur rata...jangan sampe mengembang (kurang lebih 1/2 mnt), masukkan kuning telur...kocok lagi perlahan sampai tercampur rata.
2. Masukkan tepung terigu, tepung maizena , biskuit oreo halus dan susu bubuk ...aduk rata dengan spatula, diamkan sebentar dan tutup dengan serbet agar tidak mengering.
3. Ambil adonan sejumput dan isi dengan selai nanas yang sudah dibentuk bulat kecil..bulatkan, lakukan sampai habis.
4. Oven dengan suhu 160' C selama kurang lebih 25-30 menit...keluarkan dari oven, dinginkan.
5. Hias dengan white cooking chocolate yang dilelehkan, bentuk hiasan sesuai selera. Jika sudah beku coklat hiasnya segera simpan kue kering di dalam toples yang cantik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar