Selasa, 20 November 2012

Banana Roll Cake



Ikut serta kembali dalam laga Tantangan Resep Mbak R (Rachmah Setyawati) yang ke-4, dengan mencoba resep "Banana Roll Cake" ala Mbak R. Dalam resepnya, bolu gulung pisang ini tidak menggunakan margarin/mentega, tetapi bolu tetap moist dan lembut. Rasa cakenya super enak...lembut halus seperti teksturnya chiffon cake, aroma pisangnya pun memberi citarasa yang harum wangi khas cake pisang ambon.

Sayangnya saya terlalu bersemangat ketika menggulung bolu pisangnya, karena agak tebal jadi saat digulung permukaan bolu agak retak2. Maksud saya agar bolu tergulung dengan rapat, ehh...lha koq malah pretek2 hasilnya, hehee...memang butuh kesabaran dan ketelatenan kalau ingin berhasil prima.

Dan alhamdulillah sudah dapat kiriman badge tanda keikutsertaan Tantangan Mbak R, Di bawah ini saya copas-kan resep Banana Roll Cake dari nara sumbernya :




BANANA ROLL CAKE
By Rachmah Setyawati.
Adaptasi: http/www.tasteofhome.com/Recipes/Caramel-Banana-Roll-Cake/

BAHAN-BAHAN :
250-300gr Pisang Ambon , haluskan
(pilih yang sudah benar-benar matang/lembek)

1 cup tepung terigu (kurang lebih 150 gr atau 15 sdm penuh)
sedikit saja garam (kurang lebih 1 gr atau 1/8 sdt)
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt baking powder

3 butir telur utuh, ukuran kecil/sedang saja
30 gr gula pasir

3 putih telur
40 gr gula pasir

pasta moka/pasta coklat

Krim Keju : (optional , bisa pake cream filling apa aja)
150 ml Fresh Cream, non dairy VIVO / RICH'S
75 gr Krim Keju
----> kocok fresh cream hingga soft peak, lalu masukkan krim keju, kocok bersamaan hingga merata dan kental. Siap dipakai polesan filling.

CARA MEMBUAT :
1. Siapkan 1 bh loyang ukuran 22X22X4/5cm atau 24X24X4/5cm. Poles margarin, beri alas kertas roti, dan poles margarin/butter lagi. Sisihkan
2. Panaskan oven .
3. Siapkan baskom , letakkan ke dalamnya tepung terigu, garam halus, soda kue dan baking powder, ayak merata.
4. Kocok 3 btr telur utuh dan gula pasir hingga soft peak/kental.
5. Masukkan bahan kering yg telah diayak tadi ke dalam adonan telur kental, aduk ringan merata .
6. Kemudian masukkan daging buah pisang yang telah dihaluskan, aduk rata. Sisihkan.
7. Kocok putih telur dlm wadah yg bersih , masukkan gula pasirnya bertahap , kocok hingga soft peak.
8. Masukkan sebagian adonan putih telur dlm adonan tepung dn telur tadi, aduk rata, Masukkan sisa putih telur hingga habis dan aduk merata.
9. Ambil 1/4 adonan beri pasta moka/coklat. Aduk rata dan tuangkan adonan coklat ini ke dalam dasar loyang yg sudah bersemir margarin/butter. Ratakan, simpan dulu dlm freezer/lemari es hingga agak kaku/set. Jika sdh agak kaku/set, keluarkan dari kulkas.
10. Tuangkan 3/4 adonan sisanya di atas adonan coklat tadi. Pelan-pelan , sambil diratakan hingga menutupi seluruh permukaan adonan coklat, tanpa tercampur.
11. Panggang dalam oven dengan suhu 170 derajat celcius , hingga matang/sekitar 20 menit. Biarkan dingin di suhu ruang.

PENYELESIAN :
1. Setelah cake pisang dingin, siapkan kertas roti untuk membantu membentuk gulungan cake (kurang lebih seukuran 30 X 35cm
2. Letakkan bagian atas cake pada kertas roti. Beri beberapa sendok krim keju, poles rata pada permukaan cake. Gulung rapi.
3. Rapatkan ujung-ujung kertas roti. Simpan sejenak gulungan cake ke dlm freezer/kulkas, bbrp menit kemudian buka kertas rotinya, potong2 sesuai kebutuhan.

SELAMAT MENCOBA ... !.

2 komentar:

  1. assalamu'alaikum...buk Ariesta,salam kenal
    saya sangat menyukai blog ibuk ini...,sudah ada beberapa resep yang saya praktek kan dan hasilnya memuaskan sekali...trims ya buk atas resep2nya...
    oya buk saya mau nanya..? 1 cup tepung itu kira2 berapa gr ya buk..? takut nya nanti ngak sesuai resep..,mohon di balas,, trims ya buk Ariesta Mardiana Mikdar

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsalam, salam kenal juga mb She Shi
    Trm ksh juga yaa...jika sdh cobain resep2 saya, alhamdulillah turut bahagia mendengarnya.
    1 cup tepung terigu itu setara dengan 140 gr jika ditimbang, tapi bisa dibulatkan ke atas mjd 150 gr. Atau kalau mau dgn ukuran sendok makan = 15 sdm penuh. Selamat berkreasi mbak...mudah2an selalu sukses...amin.

    BalasHapus