Selasa, 30 Oktober 2012

Ikan Sardines (Ikan Lemuru) Presto



Tahukah anda jenis ikan yang sering dibuat ikan pindang, ikan asin dan ikan kalengan bersaus tomat dan chilli (ikan sarden kaleng)...
Sebenarnya ikan yang digunakan untuk itu semua adalah salah satu jenis ikan yang bernama Ikan Sardines atau ikan Lemuru (Sardinella longiceps), pada saat krisis ekonomi tahun 1998 dulu ikan ini ngetop dengan sebutan ikan krismon. Karena harga ikan lemuru memang cenderung murah bila dibanding jenis ikan2 lain.

Ketika saya masih kecil, saya sering berlibur di rumah nenek/eyang di Banyuwangi, tepatnya di Kecamatan Srono. Disini ikan lemuru sangat berlimpah di pasar, karena daerah ini dekat dengan pantai/pelabuhan Muncar di Blambangan. Yang hingga sekarang terkenal dengan pusat pengalengan ikan sarden atau ikan lemuru. Jadi dengan ikan lemuru saya sangat tidak asing, hampir tiap hari eyang uti selalu menyediakan ikan lemuru goreng yang garing dan gurih sebagai teman makan nasi. Ikan lemuru sangat mudah didapat, dan harganya memang sangat murah tapi kandungan nilai gizinya sangat tinggi khususnya protein hewaninya kurang lebih 30% dan lemak hewaninya 27% lebih. Banyak mengandung asam lemak omega-3 EPA (Eicosapentaenoid Acid) dan DHA (Docohexaoenoic Acid).

Dibawah ini saya tampilkan gambar ikan lemuru, tapi saya ambil dari *blog ini* karena pas masak ikan lemuru ini saya terlupa untuk mengambil gambarnya. Lain waktu kalau saya beli ikan lemuru lagi semoga tak lupa menjepretnya, hehee...




Nah, untuk saat ini saya sengaja memasak ikan lemuru yang dipresto, kemudian digoreng hingga kering ala ikan bandeng presto duri lunak. Jadi ikan lemuru ini nantinya pun saya ramu seperti membumbui ikan bandeng presto. Di postingan terdahulu saya sudah pernah menampilkan resepnya *disini*, jadi gak jauh bedalah bahan bumbu dan cara pembuatan ikan lemuru duri lunak. Dan juga sudah posting resep cara membuat ikan lemuru yang dibuat ikan sardines kalengan...bisa ditinjau *disini*


Ikan Lemuru Presto (Duri Lunak)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 kg ikan lemuru bersih  (potong kepalanya)
500 ml air matang
6 batang daun serai dimemarkan
kalau ada daun pisang untuk alas panci

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
5 butir siung bawang putih
5 butir kemiri
1 sdt ketumbar
5 cm kunyit
1 sdm garam (kurang lebih, bisa ditambah jika kurang asin)

Bahan Pencelup:
3 butir telur kocok lepas
1 sdt tepung beras/tepung terigu
50 ml air matang
1/2 sdt garam




Cara Membuat:
1. Aduk rata bumbu halus, oleskan secara merata di seluruh bagian ikan lemuru. Diamkan kurang lebih 1jam agar bumbu meresap.
2. Alasi selembar daun pisang di dasar panci presto, lalu letakkan beberapa batang daun serai diatasnya. Masukkan ikan lemuru berjajar rapi..agar tidak tumpang tindih, kalau ikannya banyak lebih baik setiap selapis ikan dialasi dengan selembar daun pisang. Agar memudahkan bila nanti  diangkat setelah matang. Kemudian tuangi air matang, nyalakan panci presto..masak kurang lebih 1 1/2 jam.
3. Setelah matang, biarkan panci presto mendingin dan tidak berdesis, baru buka tutup pancinya. Tunggu sampai ikan lemuru di dalam panci juga dingin. Pindahkan ikan lemuru yang sudah dingin pada wadah penyimpan.
4. Bila akan digoreng, celupkan di larutan pencelup dan goreng hingga matang kuning..garing dan keemasan.
Bila belum ingin disantap bisa disimpan diwadah kedap udara dan simpan didalam lemari pendingin/kulkas sebagai stok lauk pauk yang siap goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar