Sabtu, 20 Oktober 2012

Bihun Goreng Jawa



Seminggu yang lalu saya membuat bihun goreng untuk acara pengajian anak2 TPA, karena saatnya dapat giliran ketempatan. Bihun goreng termasuk salah satu menu yang sering menjadi andalan jika ada acara dirumah, menu yang sederhana tapi cukup membuat kenyang yang menyantapnya, hehee...

Bihun goreng saya ini ala kampung di tempat saya tinggal dulu...maksudnya ketika masih sama orangtua saya, saya suka sekali makan bihun yang didalamnya ada gorengan cap jae yang dibuat dari tepung dan telur. Sebenarnya kalau mengacu pada menu masakan china gorengan itu aslinya kekian goreng yang berbahan tepung, telur daging dan udang. Kalau kata ibu saya namanya gorengan itu adalah cap jae atau ada yang bilang namanya embuk2 karena rasanya yang gurih dan empuk. Dibawah ini ada gambar cap jae goreng atau embuk2 yang sudah saya bikin, rasanya enak gurih karena dibuat dari sedikit tepung terigu yang dikasih telur, udang ebi dan bumbu2. Mirip2 kekian deh...tapi palsu, hihiii...




Oh iya, gorengan cap jae ini selain dicampurkan di masakan bihun goreng, bisa juga untuk campuran mie goreng jawa dan cap cay ala jawa.

Bihun Goreng Jawa
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Cap Jae Goreng/Kekian Palsu:
100 gr tepung terigu
2 butir telur
air putih secukupnya (kurang lebih 100 ml)

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sdm udang ebi rendam air panas
1/4 sdt lada
1/4 sdt garam

Cara Membuat:
1. Masukkan tepung terigu dalam mangkok, tuangkan kocokan telur, dan bumbu halus, aduk rata dan tambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang kental dan licin.
2. Goreng sesendok demi sesendok hingga matang kekuningan, angkat. Dinginkan lalu potong2 sesuai selera bisa kecil2 atau besar2.




Bahan Bihun Goreng:
1 bungkus bihun kering rendam dalam air panas, tiriskan
3 sdm minyak goreng
5 sdm kecap manis (sesuai selera)
1 buah wortel besar iris kecil panjang2
5 lembar daun kol potong tipis2
10 buah bakso sapi iris tipis2
1 batang daun seledri iris halus
1 batang daun bawang iris kecil2
1 sdt garam (sesuai selera)
1 sdt gula
1 sdm minyak wijen
1 sdm kecap asin
3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus
telur dadar yang dipotong tipis2/rawis
bawang merah goreng secukupnya

Bumbu Halus:
7 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1 sdm udang ebi direndam hingga empuk
1 sdt lada

 Cara Membuat:
1. Setelah bihun ditiriskan, beri bihun minyak goreng (3 sdm) aduk2 hingga bihun tidak lengket, tuangkan kecap manis sambil aduk kembali hingga kecap merata dengan bihun. Ini cara mudah agar bihun mudah dimasaknya, sehingga kecapnya bisa rata tercampur saat digoreng.




2. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan wortel, bakso, kol, aduk rata. Masak hingga sayuran layu.
3. Masukkan bihun, daun seledri, daun bawang...aduk rata. Tuangkan minyak wijen dan kecap asin, tambahkan garam dan gula pasir. Aduk2 hingga rata, masukkan gorengan cap jae...aduk lagi agar semua tercampur rata dan matang.
4. Rasakan sudah sesuai selera lidah belum...jika sudah, segera angkat lalu sajikan hangat2 dengan taburan telur dadar yang potong tipis2/rawis plus taburan bawang merah goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar