Senin, 17 September 2012

Vegetables Cheese Stick



Udah sering buat chistik/cheese-stick sayuran ini, karena anak-anak dirumah pada suka ngemil cemilan yang gurih2 sih. Sengaja saya buat dengan penambahan sayur2an agar ada nilai lebihnya dari cemilan anak-anak saya, tidak sekedar enak dan membuat perut kenyang...tapi juga kaya gizi tentunya.

Awalnya dari uji coba resep cheese-stick biasa, dengan ditambahkan sayur2an (saya pakai wortel dan brokoli)...dan ada yang dikurangi sana sini porsi resepnya, beberapa kali nyoba...ketemulah formula yang sesuai dengan lidah kami. Ya begitu deeh...semoga saja juga sesuai dengan selera semua yang ingin mencoba cemilan ini, he hee...




Vegetables Cheese-Stick
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
1 butir telur kocok lepas
100 gr keju cheddar parut
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt baking powder
50 gr wortel kukus haluskan
50 gr brokoli kukus haluskan
5 sdm santan/susu cair

Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, tepung maizena, garam, gula pasir dan baking powder ke dalam mangkok besar, aduk dengan tangan. Masukkan keju parut, wortel, brokoli dan telur...aduk2 lagi hingga campur dengan tangan. Tuangi santan dan aduk kembali hingga adonan bergumpal-gumpal, diamkan sejenak waktu dan tutup dengan plastik agar tidak kering.
2. Giling dengan pasta maker/alat giling mie, dari ukuran ketebalan no 1. menuju ukuran yang tipis no. 4 atau no. 5 sesuai selera, kemudian potong2 dengan alat giling mie yang untuk memotong kwetiau, lalu potong lagi ukuran sekitar 7 cm. Adonan yang sudah dipotong potong taburi dengan tepung terigu..agar tidak lengket.
3. Goreng hingga matang keemasan cheese-stick dengan minyak goreng, api jangan terlalu besar...sedang2 saja. Tiriskan dan setelah dingin simpan kedalam toples yang tertutup rapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar