Sabtu, 22 September 2012

PINDANG TELUR



Ini pindang telur atau boleh disebut telur bacem, bumbu2nya ya seperti biasa saja...hampir sama membuat tahu dan tempe bacem. Lebih terasa legit dan kenyal kalau dalam memasaknya kita tambahkan air kelapa, jika gak ada air kelapa gak apa2 juga sih...tetep enak asal komposisi bumbunya pas, sesuai lidah. Dan ciri utama pindang telur harus berwarna coklat gelap...itu dia yang bikin telur ini menarik dan eksotis.

Biasanya saya membuat telur bacem seperti ini untuk lauk pendamping nasi liwet, nasi gudeg, nasi uduk juga bisa nasi kuning..atau untuk menemani makan selat solo dan timlo solo. Malah kalau saya suka dicemilin aja, enak sih..manis, kenyil2 dan gurih.




Pindang Telur/Telur Bacem
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
10 butir telur rebus kupas kulitnya
1 gelas air kelapa
1 liter air putih
5 lembar daun salam
5 ruas lengkuas geprek
5 biji mata asam (5 sdm air asam)
5 sdm kecap manis (pilih kecap yang warnanya gelap)
50 gr gula merah
3 sdm gula pasir
1/2 sdm garam (secukup rasa)

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar sangrai

Cara Membuat:
1. Masukkan telur rebus kedalam panci perebus, tuangi air putih dan air kelapa. Masukkan bumbu halus dan bumbu2 lainnya bersamaan.
2. Masak telur dengan api kecing hingga telur berubah warna menjadi kecoklatan/gelap dan air rebusan menyusut. Angkat dari kompor, dan diamkan pindang telur tetap dalam panci perebus semalam/12 jam (telur akan semakin gelap dan bumbunya meresap).
3. Hidangkan sebagai lauk pelengkap nasi dan sayur sesuai selera.

# Tips dari saya:
- Saya sarankan kalau memilih kecap manis untuk membuat telur lebih bagus warnanya, pilih kecap manis yang warnanya hitam pekat.
- Dalam resep diatas saya menggunakan 1 kantong teh celup (boleh juga 2 kantong kalau ingin lebih gelap) untuk membuat warna air rebusan menjadi lebih coklat, jadi lebih praktis dan rasa tehnya tidak berpengaruh apa2 terhadap pindang telurnya...tetap enak aja. Cara seperti ini juga berlaku untuk membuat tahu dan tempe bacem...ala dapur saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar