Sabtu, 29 September 2012

PERKEDEL KENTANG



Perkedel kentang, banyak disukai anak-anak karena rasanya yang lembut dan gurih. Dimakan pakai nasi hangat aja sudah nikmat, bahkan kadang2 sekedar dicemilin/digado aja seperti makan kue gorengan.
Saya yakin semua ibu rumah tangga pasti bisa membuat perkedel kentang, resepnya kan hanya mengandalkan feeling tanpa ukuran dan timbangan yang baku, yang penting enak...hehee...

Tips agar sukses membuat perkedel kentang adalah dalam pemilihan bahan bakunya, yaitu kentang. Pilih kentang yang bagus dan segar, memiliki kadar air yang sedikit (misal: kentang tess yang di super market). Sebaiknya kentang digoreng dulu sebelum dibuat perkedel, jangan di kukus. Karena kalau dikukus nantinya perkedel kentang hasilnya kurang garing dan suka pecah saat digoreng.

Untuk penampilan yang lebih menarik, perkedel kentang bisa diberi tepung panir (bread crumb) seperti membuat risoles. Sehingga selain penampilan lebih cantik seperti nugget, menghindari perkedel kentang tidak pecah amburadul saat digoreng.

Perkedel Kentang
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr kentang
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 batang daun seledri iris halus
1 butir telur kocok lepas
100 gr tepung panir/bread crumb

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
7 siung bawang putih
1/2 sdt lada/merica
1/4 sdt pala bubuk (bila suka)




Cara Membuat:
1. Potong kentang dan goreng hingga matang, lalu haluskan saat masih panas.
2. Tumis bumbu halus hingga matang, lalu campurkan kedalam kentang halus. Tambahkan garam, gula pasir sedikit sebagai penambah cita rasa, dan irisan halus daun seledri. Bentuk bulat atau oval, suka suka aja..celup ke kocokan telur dan gulirkan ke tepung panir.
3. Goreng hingga matang, (agar perkedal tidak pecah saat digoreng, jangan menaruh perkedelnya terlalu banyak di minyak goreng).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar