Selasa, 29 Mei 2012

Cilok Isi Sosis



Kembali berkutat di resep percilokan, dari resep yang lama saya mencoba eksperimen lagi. Terinspirasi dari  kue tradisional klepon yang berbahan tepung ketan, maka kali ini saya mencoba merubah resep lama saya dengan penambahan tepung ketan putih. Dan memang hasil ciloknya lebih lembut dan tetap kenyal...lebih maknyuss deeh...

CILOK ISI SOSIS
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Cilok:
200 gr tepung tapioka
150 gr tepung terigu
50 gr tepung ketan
400 ml air mendidih
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 siung bawang putih haluskan
1 batang daun bawang cincang halus
beberapa buah sosis

Bahan Sambel Kacang:
250 gr kacang tanah di goreng dan haluskan dengan blender
5 siung bawang putih haluskan
5 buah cabe merah besar haluskan
2 lembar daun salam
1 sdt garam
50 gr gula merah
2 sdm gula pasir
5 mata asam jawa rendam dengan 4 sdm air panas dan saring
500 ml air putih
3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Cara Membuat:
1. CILOK: campur menjadi satu tepung terigu, tepung ketan putih, bawang putih, daun bawang, gula pasir dan garam dalam suatu wadah, tuangkan air panas. Aduk dengan sendok kayu hingga adonan tercampur rata dan kalis, tuangkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga habis. Aduk hingga rata, jika adonan sudah tidak lengket ditangan juga tidak keras saat ditekan berarti adonan cilok sudah pas takarannya. Jika dirasa adonan masih keras boleh ditambah sedkit air panas.
2. Ambil adonan dan pipihkan, isi dengan sosis..bentuk bulat memanjang sesuai ukuran sosis. Lakukan hingga adonan habis dipulung, kemudian rebus di air yang mendidih. Tunggu hingga cilok mengapung dan biarkan agak lama beberapa saat, agar cilok benar-benar mateng bagian dalamnya. Lalu angkat dengan saringan dan tiriskan. Atau silakan dibuat cilok bulat...lalu diisi potongan sosis...terserah selera anda saja.
3. Bumbu Sambel Kacang: tumis bawang putih dan cabe merah dengan minyak goreng hingga matang, masukkan air putih..aduk-aduk hingga mendidih.
4. Masukkan kacang tanah yang sudah diblender agak halus, beri garam, gula merah, gula pasir, daun salam dan air asam. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan mendidih kembali, pertanda matang jika sambel kacang sudah keluar minyaknya kemerahan. Segera angkat dan matikan api kompor.
5. Penyajian: Goreng cilok sosis dengan minyak goreng yang cukup panas. Potong-potong...lalu tusuk-tusuk dengan lidi sate. Tuangkan sambel kacang, tambahkan kecap manis dan sambel botol jika suka lebih terasa pedas dan manis. Hidangkan... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar