Minggu, 29 April 2012

Bolu Gulung Kukus Blueberry (Blueberry Roll Cake)



Bikinnya tidak di oven...tapi di kukus. Bolu kukus memang memiliki tekstur  yang lebih halus dan lembut...tapi cendering agak padat, namun begitu meski begitu masih terasa spongi-nya. Dengan olesan selai blueberry semakin terasa lezat, hm..nyess deeh...


Blueberry Roll Cake (Bolu Gulung Kukus Blueberry)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
6 kuning telur
4 putih telur
1 sdt SP (emulsifier)
150 gr gula pasir

Bahan B:
80 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
20 gr susu bubuk
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam halus
===> Campur semua menjadi satu, aduk-aduk merata.

Bahan C:
100 ml minyak goreng

Bahan D:
pewarna makanan ungu




Cara Membuat:
1. Kocok bahan A dengan mixer sampai putih mengembang, jika baling-baling mixer diangkat...adonan tidak mudah jatuh kebawah/meluncur secara pelan sekali.
2. Tuangkan bahan B sedikit demi sedikit, dengan tetap mengocok pakai mixer...tapi turunkan kecepatan yang terendah. Lakukan sampai semua bahan B habis dimasukkan.
3. Tuangkan bahan C, aduk-aduk pelan dengan spatula...hingga mimyak goreng bercampur merata.
4. Ambil 2 sdm adonan bolu, beri sedikit pewarna ungu..aduk rata. Masukkan kedalam plastik piping bag segitiga. Sisihkan.
5. Siapkan loyang ukuran 26x26x3 cm olesi margarin dan alasi kertas roti. Kemudian olesi margarin lagi pada dasar kertas rotinya, tetapi bagian pinggir loyang jangan dioles margarin. Agar tidak terjadi penyusutan yang berarti dari adonan bolu yang sudah matang nantinya.
6. Tuangkan adonan bolu warna putih kedalam loyang pelan-pelan, lalu coretkan atau spuit adonan bolu warna ungu memanjang berjajar diatas adonan bolu warna putih. Gunakan lidi atau sumpit untuk menarik garis agar membentuk corak seperti batik.
7. Kukus selama 15 menit, jangan dibuka-buka saat mengukus hingga matang. Jangan lupa langseng/kukusan dipanaskan dulu sebelum dibuat mengukus bolu, dan bungkus tutup kukusan dengan serbet tebal..agar uap air didalam tidak menetes di adonan bolu.

Dibawah ini penampilan cake setelah matang, dan belum digulung. Terlihat motif zig zagnya sangat jelas dan cukup menarik...



8. Jika sudah matang, segera angkat. Letakkan di rak pendingin sebentar agar uap panasnya hilang, dan masih dalam kondisi panas balik cake diatas kertas roti, olesi permukaan bolu yang tidak ada motif/warna putih dengan selai blueberry secara merata. Gulung perlahan tanpa ragu-ragu...langsung cepat digulung sambil memutar kertas roti ke arah depan. Rapikan dan kencangkan gulungan agar bentuknya bulat serr, simpan dulu sebentar didalam kulkas (30 menit) agar bolu gulung rapet set dan kencang. Potong-potong dan disajikan.

1 komentar:

  1. Halo mbak. Buat satu adonan itu jadi berapa loyang yaa di loyang ukuran 26x26?

    BalasHapus