Rabu, 04 April 2012

BIKA AMBON



Udah lama gak bikin bika ambon, selama beberapa tahun sejak tinggal di Kuwait agak males-malesan bikin kue yang unik satu ini. Sebenarnya juga pernah beberapa kali bikin, kalau pas lagi kangen banget nyemil kue bika ambon. Karena memang saya sangat suka sekali dengan jajanan masa kecil saya ini...jadi ingat almarhum bapak deh, beliau selalu bawa oleh-oleh bika ambon saat sedang dinas luar kota ke Solo. Bika ambonnya dibeli dari toko Varia di dekat pasar Klewer itu lho...halah, koq jadi mromosiin toko kue Varia. Ini sih cerita jadul...eh tapi toko Varia itu sampai sekarang juga masih eksis koq, he he hee...

Kembali ke bika ambon, kemaren pas week end hari sabtu kebetulan dapat tugas membawa kue-kue atau snek bebas dalam acara get together perwira (perkumpulan warga Indo di Kuwait), acaranya di sea side Egaila Beach. Ceritanya saya mau bikin kue yang bisa dibuat 2 hari sebelum acara...biar gak keburu-buru, maklum kan...punya momongan lil baby girl yang sedang aktif merangkak kemana-mana, juga saya musti bisa meng-arrange waktu untuk urusan dalam negeri dan urusan luar negeri. Kalau gak begitu, mana bisa saya bikin-bikin kue atau sekedar memasak...coz di rumah tak ada asisten, semua dihandel sendiri. Beginilah nasib para ibu-ibu yang migrasi ke luar kampung tercinta ya kayak gini, harus tangguh... :p




Alhamdulillah bahan-bahan sudah ada di dapur. Dalam membuat kue bika ambon ini saya selalu menggunakan santan kental yang bener-bener asli dari kelapa parut yang diperas dan diambil santan pertamanya. Saya gak mau pakai santan kalengan ataupun santan bubuk yang dicairkan dengan air. Dulu sudah pernah coba pakai santan instan seperti itu, menurut saya hasilnya tidak seperti yang saya buat kalau menggunakan santan asli. Sebenarnya menggunakan santan instan juga bisa jadi bika ambon sih, tapi sepertinya menurut saya kurang mantab gitu lhoh...rasanya kurang legit dan kuenya kurang lembut, tidak mengkilat/berminyak.

Disamping itu, ada satu lagi yang jadi keutamaan bagi saya dalam pembuatan kue bika ambon, yaitu tepung sagu/tapioka. Saya memakai tepung sagu dari Indonesia, tepung sagu tani "Alini". Mungkin juga ada merek sagu tani bagus yang lain selain Alini di Indonesia, karena saya hanya tahu merek sagu tani Alini. Kenapa saya musti pakai tepung sagu tani?...masalahnya kalau pakai tepung sagu/tapioka disini, adanya tepung tapioka made-in Thailand dan India...dan pernah saya coba pakai untuk membuat bika ambon, hasilnya tidak begitu bagus, kurang lentur, sarang gak jelas, agak keras dan padat.




Oh iya, untuk kue bika ambon ini saya posting yang memasaknya dengan cara di panggang diatas kompor lho...cara ini sangat praktis dan sederhana menurut saya. Dan sebenarnya saya memang lebih suka memanggang kue bika ambon itu tidak dengan oven, entah kenapa...sepertinya memang lebih bagus dipanggang diatas kompor deh.

Untuk resepnya, masih seperti yang dulu biasa saya pakai...resep andalan saya, sudah pernah saya posting. Bisa di lihat  *disini*
Dibawah ini saya akan tunjukkan cara memanggang kue bika ambon dengan menggunakan kompor:



1. Foto di atas, untuk memanggang kue bika ambon dengan kompor...saya menggunakan alat pan datar dari besi. Bisa juga menggunakan pan dadar bulat anti lengket (Teflon/non stick)...yang diameternya agak lebar. Perlu diingat, panaskan pan datar besi atau pan dadar teflon selama kurang lebih 20 menit hingga bener-bener panas bersama cetakan muffin kecil-kecil tersebut diatas sebelum adonan bika ambon dituangkan di cetakan muffin. Dan cetakan muffin harus diolesi minyak goreng saat dipanaskan.



2. Naah..foto diatas ini, cara membuat bagian atas permukaan kue bika ambon menjadi agak kecoklatan. Caranya dengan menggunakan pan dadar teflon, panaskan pan dadar teflon dengan api kecil saja, terus letakkan kue bika ambon yang sudah matang secara terbalik seperti gambar diatas. Biarkan beberapa lama...kira-kira semenitan gitu deh, lalu angkat segera...jangan sampai terlalu gosong.



2. Seperti inilah hasil kue bika ambon saya, sesaat setelah dipanggang dengan menggunakan nyala api kompor. Hasil kuenya imut dan lumayan manis-manis kan...???, he he hee...

Selamat berkarya...semoga berhasil yaa.. :)

5 komentar:

  1. Bika Ambon is a kind of cake from Indonesia. Made from ingredients such as eggs, sugar and coconut milk, Bika Ambon generally sold in pandan flavour, although now available also other flavors like banana, durian, cheese, chocolate.
    STC Technologies

    BalasHapus
  2. Mbak ita, bika ambonnya cakep banget d.

    BalasHapus
  3. Mbak itaaaa...lapoooorrr...saya sudah berhasil membuatnya...henyaaak...n bersarang :) trimakasih resepnya ya mbak... (Sisilia-Sampit,Kalimantan Tengah)

    BalasHapus
  4. Wah...seneng banget ya mb Sisilia...saya turut bahagia deh, mb Sisil sukses bikin kue bika ambonnya, semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  5. Salam kenal Mbak Ita, saya sdh mencoba resep bika ambonnya rasanya enak persis spt dpt beli...hihihi...thank you ya mbakk :)

    BalasHapus