Sabtu, 24 Maret 2012

Kue Lopis



Jajanan tradisional ini dulu sering saya nikmati saat masih dikampung bundaku...seringnya sih beli saja karena memang ibu saya gak pernah bikin kue lopis. Kalau dikampung saya lopis itu dibungkus seperti lontong, jadi kalau udah matang dipotong-potong bulat.

Di pasar biasanya dijual oleh simbok-simbok, belinya bisa lopis aja atau bisa juga dicampur dengan cenil, gethuk singkong, gathot, grontol dan tiwul...satu lagi sama ongol-ongol yang warnanya agak coklat keiteman. Wis deh...jajanan pasar emang sangat ngangenin, makanya kali ini saya juga coba bikin kue lopis.  Saya membuat kue lopis ini dengan cara merebus di panci presto, biar lebih cepat matang...hanya 1 jam sudah matang kue lopisnya...cepatkan, he he hee...


KUE LOPIS
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
300 gr beras ketan putih, rendam dengan 1 liter air dan 1 sdm air kapur sirih selama 1 jam
150 gr kelapa parut, tambahkan 1/4 sdt garam lalu kukus

Bahan Saus Gula Merah/Kinca:
200 gr gula merah
50 gr gula pasir
250 ml air
2 lembar daun pandan
1/4 sdt garam




Cara Membuat Saus Gula Merah/Kinca:
1. Masukkan gula merah, gula pasir, air, daun pandan dan garam kedalam panci. masak hingga gula larut dan mendidih.
2. Setelah mengental angkat dan saring. Dinginkan.

Cara Membuat Kue Lopis
1. Setelah beras ketan putih direndam selama 1 jam, tiriskan. Lalu siapkan daun untuk membungkus.
2. Boleh dengan membungkus beras ketan putihnya seperti membungkus lontong, atau dibungkus segitiga seperti foto kue lopis diatas. Isi penuh kedalam daun yang sudah dibentuk segitiga dengan beras ketan putih, lipat memutar sampai seluruh permukaan tertutup, semat dengan lidi. Atau jika ingin lebih kuat lagi ikat dengan benang atau tali rafia diseluruh permukaan bungkusan daunnya.
3. Rebus bungkusan kue lopis didalam panci selama kurang lebih 4 jam. Kalau saya inginnya cepet...jadi pakai panci tekan aja, kalau pakai panci presto sangat efisien waktu hanya 1 jam sudah matang, InsaAllah...(tergantung banyak atau sedikit yang direbus juga sih, kalau banyak ya ditambah waktunya 1/2 sampai 1 jam-an...gitu deeh).
4. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan, biarkan sampai dingin dulu. Setelah dingin bisa dihidangkan dengan taburan kelapa parut dan disiram saus gula merah, sluurrp...legit manis dan kenyil-kenyil, nyam nyam... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar