Selasa, 27 Maret 2012

Empal Gepuk Manis Pedas



Bikin empal gepuk yang agak beda dari biasanya, biar sedikit bervariasi dalam merasakan empal yang biasanya berasa manis gurih. Naah...kali ini saya tambahkan sebuah cabe merah besar dalam bumbu ungkepnya daging, dan so pasti akan menjadi bedakan...???, ada sensasi pedas-pedasnya dikit, tapi cukup sopan koq...nggak terlalu nendang pedasnya... :p


EMPAL GEPUK MANIS PEDAS
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr daging sapi has dalam
3 lembar daun salam
3 cm laos digeprek
2 cm jahe digeprek
3 lembar daun jeruk
1 sdt garam (secukupnya)
1 sdm gula merah
1/2 sdm gula pasir
1 sdm air asam (dari 3 mata asam direndam air mendidih, saring)
1 1/2 liter air putih

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt ketumbar sangrai
2 cm kencur
2 buah cabe merah besar hilangkan bijinya

Cara Membuat:
1. Rebus daging sapi kedalam air mendidih, masak hingga daging berubah warna dan setengah matang. Angkat..ambil daging sapinya. Potong tipis-tipis searah dengan serat daging. Pukul-pukul atau gepuk-gepuk dengan alat pemukul daging, agar serat dagingnya agak retak.
2. Taruh daging yang sudah digepuk di panci lalu masukkan bumbu halus, garam, gula merah, gula pasir, dan air asam. Aduk-aduk perlahan agar bumbu menyatu dan meresap, biarkan kira-kira 1/2 jam.
3. Rebus daging sapi yang sudah berbumbu bersama sisa air rebusan daging sebelumnya, tambahkan daun salam, daun jeruk, laos dan jahe, masak hingga matang dan air mengering/menyusut. Angkat dan dinginkan.
4. Goreng daging empal dengan minyak goreng di api yang sedang saja panasnya, bolak balik agar tidak gosong...segera angkat dan tiriskan. Sajikan dengan ditaburi bawang goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar