Selasa, 13 Maret 2012

Bothok Pare Udang



Tadinya gak kepikiran mau buat masakan ini, karena bendoro kakung sedang diet makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak. Makanya saya beli saja banyak sayuran buat stok di dapur. Termasuk salah satunya pare pahit, buah ini kan termasuk jenis sayur mayur yang berfungsi sebagai obat herbal juga. Satu diantaranya adalah menurunkan kadar gula darah, dan kadar kolesterol dalam darah.

Naah, dengan memasak sebagai bothok..minimal sudah mengurangi minyak, karena bothok dimasak dengan cara kukus. Meskipun ada penambahan udang, tidak perlu banyak-banyak. Sedikit udang hanya untuk memberi aroma wangi yang sedap.


BOTHOK PARE UDANG
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
200 gr pare yang sudah dipotong tipis-tipis*
200 gr udang kecil kupas kulitnya
250 gr kelapa muda parut panjang
100 ml santan kental
10 lembar daun salam
4 cm lengkuas iris tipis
1 sdt garam/secukup rasa
1 sdt gula pasir
5 buah cabe hijau iris serong tipis
daun pisang buat membungkus

Bumbu Halus:
3 buah cabe merah besar
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm kencur
1/2 sdt terasi bakar (jika suka)

Cara Membuat:
1. Campur bumbu halus dengan santan kental, masukkan pare, udang, cabe hijau iris dan kelapa parut, garam dan gula pasir..lalu aduk sampai rata. Dirasakan sudah pas belum garamnya...jangan sampai keasinan.
2. Siapkan daun pisang dan lidi/tusuk gigi, alasi selembar daun salam dan seiris lengkuas. Letakkan 1 sendok makan penuh adonan bothok, lalu bungkus tum dan sematkan dengan lidi.
3. Kukus hingga matang selama kurang lebih 30 menit. Angkat dan hidangkan.

#Note:
*Cara saya mengurangi kadar pahit dari pare sebelum dimasak yaitu: dengan menaburi garam (1 sdm) ke dalam pare yang sudah di iris tipis-tipis, lalu remas-remas sebentar jangan sampai hancur. Diamkan kurang lebih 1/2 jam. Bilas dengan air yang mengalir. Kemudian rebus pare tersebut pada air mendidih yang sudah diberi gula pasir (1 sdm), rebus sebentar sekitar 5 menit dan jangan sampai kematengan/lembek. Segera angkat dan tiriskan. Guyuri dengan air mengalir. Siap untuk dimasak, InsaAllah...pare tidak terlalu pahit banget.

Selamat berkarya di dapur, untuk memasak yang lezat... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar