Minggu, 19 Februari 2012

TEMPE MENDOAN ala DAPUR SAYA



Untuk tempe mendoan, saya yakin semua ibu-ibu pasti sudah biasa dan sering membuatnya. Tentu pula punya resep andalan yang istimewa. Seperti saya...juga mempunyai resep tempe mendoan yang sudah pass dan istimewa buat keluarga saya. Sebenarnya kalau untuk takaran hanya mengandalkan feeling dan kira-kira saja...tak ada timbangan bakunya harus berapa gram, berapa ml...cc, dan lain sebagainya.

Dibawah ini resep mendoan andalan saya, yang menjadi favorit keluarga kami karena bumbunya yang gurih dan semerbak wangi dari penambahan daun jeruk dan sensasi rempah kencur sangat membedakan dengan tempe mendoan lain.


TEMPE MENDOAN ala Ariesta
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Utama:
500 gr tempe, potong tipis-tipis melebar

Bahan A:
150 gr tepung terigu
50 gr tepung beras
350 ml air (kira-kira saja, bisa kurang atau lebih)
1 batang daun bawang iris halus
1 tangkai daun seledri iris halus
5 lembar daun jeruk iris halus
1 sdt garam (secukupnya)
1/2 sdt gula pasir (secukupnya)

Bahan B:
3 siung bawang putih
3 butir kemiri sangrai
1 sdt ketumbar sangrai
3 cm kencur dikupas kulitnya
===> Semua dijadikan satu lalu dihaluskan menjadi bumbu halus.




Cara Membuat:
1. Campur semua bahan A, aduk-aduk hingga tercampur rata.
2. Masukkan bahan B, bumbu halus. Aduk lagi hingga semua tercampur rata dan adonan halus licin.
3. Rasakan sudah sesuai belum dengan selera lidah...
4. Siapkan minyak goreng panas di atas penggorengan, lalu celupkan tempe ke dalam adonan..goreng hingga setengah matang. Atau terserah..jika suka tempe mendoan yang garing atau krispi silakan di goreng agak lama..hingga kuning kecoklatan.

# Note:
Kalau saya lebih suka digoreng hanya sebentar, kira-kira satu menit..langsung diangkat, jadi masih kepleh-kepleh...begitulah khasnya mendoan tempe. Jangan lupa siapkan cabe rawit ijo sama sambel kecap pedasnya...(sekarang sudah dimudahkan ...saya suka pake sambel kecap pedas merek ABC saja, lebih praktis, gak repot lagi kan..???).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar