Jumat, 03 Februari 2012

PUTU AYU PISANG



Setiap melihat pisang yang sering terbengkalai diatas meja makan tentu rasanya risau dan galau, kasihan tuh si pisang sampai udah item kulitnya, hampir bunyuk...dan bisa-bisa menunggu ditaruh di keranjang sampah. Eh...tapi please jangan keburu dibuang ya bu, lebih baik di make over saja. Mencari-cari ide supaya pisang ini bisa jadi kudapan yang lezat nikmat buat disajikan disore hari untuk keluarga tersayang sembari mengeteh manis yang hangat, pasti menyenangkan sekali. Mari kita sulap menjadi sajian yang super duper enaknya.

Kalau putu ayu yang sering dibikin selama ini adalah dengan aroma pandan dan berwarna hijau, putu ayu saya kali ini adalah berbahan pisang ambon yang sudah matang banget (very ripe), rasanya gak kalah enaknya koq...bahkan aroma pisangnya harum sekali dan kuenya begitu lembut.




PUTU AYU PISANG
Source: Tabliod Saji
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kelapa:
100 gr kelapa setengah tua parut memanjang
1/4 sdt garam halus
===> Campur kelapa parut dengan garam, lalu kukus 15 menit hingga matang.

Bahan Bolu:
2 butir telur
75 gr gula pasir
100 gr tepung terigu
1/2 sdt Baking Powder
1/2 sdt vanili bubuk
50 gr margarin leleh
50 ml santan kental
100 gr pisang (1 buah pisang ukuran besar)
1 sdt air jeruk lemon
1/4 sdt garam halus
===> Blender pisang, air jeruk lemon, garam dan air santan sehingga tercampur halus




Cara Membuat:
1. Siapkan cetakan putu ayu plastik/cetakan apa saja boleh, olesi dengan minyak goreng. Tata kelapa parut didasar cetakan putu ayu sambil agak ditekan supaya padat.
2. Kocok telur bersama gula palem+gula palem sampai mengembang, masukkan tepung terigu, baking powder, dan vanili bubuk sambil diayak, aduk rata menggunakan spatula.
3. Masukkan hasil blenderan pisang dan margarin, aduk-aduk perlahan hingga tercampur rata.
4. Tuangkan kedalam cetakan putu ayu sampai agak penuh, kemudian kukus hingga matang kurang lebih 10 menit. Angkat dari panci kukusan, hidangkan selagi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar