Senin, 20 Februari 2012

Bingka Singkong



Lagi geledah-geledah isi freezer...sambil nata-nata kembali biar gak acak-acakan isinya, ternyata masih banyak aneka rupa harta karun bahan masakan yang masih membatu. Ini gak baiklah kalau kelamaan dianggurkan...maksudnya dibiarkan beku merana, ayo diberdayakan sedikit demi sedikit. Biar isi freezer agak longgar...dan siap untuk dijejali bahan beku yang lain, hwa ha haa...dasar ibu-ibu paling hobby kalau urusan stok menyetok. Yaa..gitulah, hi hi hiii...

Ada sebungkus sreeded cassava beku, mau dibuat apa yaa...???, sepertinya dibikin bingka singkong enak juga. Resep ini mengadaptasi dari resep bingka labu kuning saya...terus dirubah-rubah dengan perasaan/feeling saja, rasanya dijamin memuaskan...enak sekali. Semua bahan siap siaga selalu...tinggal niat dan semangat nguplek di dapur. Yuhuu...mari-mari menuju ke lokasi... :)


BINGKA SINGKONG
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr singkong parut diperas agar berkurang kadar airnya
500 ml santan (Kara instan 200 ml ditambah air putih 300 ml)
50 ml minyak goreng
2 sdt (1/2 pack) bubuk agar-agar putih
3 buah telur dikocok lepas
250 gr gula pasir
1 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam halus
1/2 sdt pewarna kuning (beberapa tetes saja)
50 gr keju cheddar parut untuk topping/taburan




Cara Membuat:
1. Masukkan singkong kedalam mangkok besar, lalu campur dengan gula, agar-agar bubuk, vanili, dan garam halus. Aduk rata hingga tercampur semua bahan.
2. Masukkan santan, telur, pewarna kuning dan minyak, aduk-aduk kembali agar semua bahan tercampur rata.
3. Tuangkan adoanan singkong kedalam loyang ukuran 20x20x7 cm yang sudah dioles margarin dan dialasi kertas roti...kertas rotinya juga dioles margarin yaa...lalu taburi tepung terigu.
4. Oven dengan suhu 170'C selama kurang lebih 60 menit. Selama memanggang setelah 40 menit keluarkan loyang...taburkan keju parut diatas adonan singkong. Oven lagi hingga bingka singkong matang dengan terlihatnya topping keju cheddar yang sudah berwarna kuning keemasan. Keluarkan dari oven, dan dinginkan. Potong-potong sesuai selera...dan hidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar