Senin, 16 Januari 2012

Pandan Cake



Sebenarnya ini hanya bolu atau cake pandan biasa saja, boleh dibilang sponge cake pandan begitulah ceritanya. Daripada kuenya polos tanpa berhias...dan ternyata masih punya sediaan butter cream dikulkas plus serutan coklat warna warni dan daisies flower waffer buat menambah cantik kuenya..maka jadilah seperti ini.

Cake pandannya saya poles dengan butter cream..yaah dekornya simple dan sederhana aja, lama sudah tak menyentuh dunia dekorasi cake semenjak tinggal di Kuwait ini. Dan memang saya kurang mendalami dalam hal dekor mendekor cake, makanya ya tidak mahir dalam urusan decorating cake...hanya sekedar bisa sebisanya jari-jari berekspresi saja. Tapi lumayan toh...he hee, alhamdulillah musti lebih niat tekun, banyak berlatih dan belajar.






BOLU PANDAN (Sponge Cake Pandan)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
7 butir telur
175 gr gula pasir
2 sdt SP (emulsifier)
150 gr tepung terigu
25 gr tepung maizena
30 ml santan (boleh santan instan)
1/4 sdt garam
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt vanili bubuk
70 gr margarin/mentega leleh

Bahan Butter Cream:
200 gr mentega putih/shortening (saya pakai Crisco)
200 ml susu kental manis
200 gr gula icing/gula halus

Bahan Hiasan Cake:
Suka-suka saja, apa yang ada di rumah boleh dipakai dan ditempelin di cake pandan.
===> kebetulan saya hanya punya persediaan coklat serut warna warni dan sekotak hiasan daisies flower wafer.




Cara Membuat:
1. Membuat butter cream: kocok mentega dan susu kental manis sampai adonan lemas dan mengembang agak pucat, masukkan gula icing/gula halus sedikit demi sedikit dan teruskan mengocok dengan mikser sampai adonan putih dan mengembang dua kali lipat. Sisihkan.
2. Membuat cake: kocok telur bersama gula pasir dan SP hingga putih dan mengembang, tandanya dengan memperhatikan jika diangkat baling baling miksernya adonan yang menempel di baling-baling sudah tidak jatuh kembali ke mangkok.
3. Jadikan satu bahan kering yaitu tepung terigu, tepung maizena, garam, vanili bubuk dan baking powder dalam suatu tempat/mangkok, lalu ayak hingga tersaring halus. Masukkan campuran tepung dengan tetap mengocok pakai mikser kecepatan rendah ke dalam adonan gula telur sedikit demi sedikit hingga semua tepung habis. Tuangkan pasta pandan dan sedikit pewarna hijau agar warna cake lebih hijau dan cerah. Mikser lagi dengan kecepatan rendah. Hentikan.
5. Masukkan margarin yang sudah dilelehkan kedalam adonan cake sedikit demi sedikit dan aduk dengan spatula dari bawah/dasar mangkok kearah atas sampai margarin menyatu dengan adonan.
6. Siapkan loyang tulban diameter 22 cm tinggi 7 cm atau loyang bulat diameter 22 cm, atau loyang kotak 20x20x7 cm juga boleh, olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti..lalu olesi lagi dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu. Tuangkan adonan cake ke dalam loyang.
7. Oven dengan suhu 180'C selama kurang lebih 45 menit atau sampai matang.
8. Jika sudah dingin silakan dekor sesuai selera,


Saya yakin karya anda lebih bagus dan Selamat berkreasi.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar