Jumat, 20 Januari 2012

LASAGNA



Masih punya stok sekotak kardus pasta lasagna waktu beberes isi lemari persediaan di dapur, walah-walah...ternyata gak lama lagi hampir expired tinggal 2 bulan lagi. Maklum hobinya belanja..tapi giliran masaknya tertunda-tunda melulu. Udah beberapa kali diingatkan sama mbak Hasna, kapan sih mama mau bikinin Hasna lasagna lagi ??? ...he he hee...

Aduh mbak Hasna...kan baru sebulan yang lalu kalau gak salah mama bikin lasagna hijau (pasta lasagnanya berwarna hijau karena ditambahkan sayur bayam). Hasna kurang suka lasagna hijau...lebih enak yang biasa saja. Ya uwiss...hari ini mama usahakan ada waktu bikin lasagna lagi. Meski sedang flue berat (batuk mecicil bengek udah sebulan gak sembuh-sembuh), akhirnya dengan niat insun nyenengin anak maju tak gentar yuukk...turun ke dapur.



LASAGNA
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 bungkus (225 gr) pasta lasagna kering
1 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam
2 liter air untuk merebus pasta

Bahan Saus Daging:
1 sdm minyak goreng
1 sdm margarin
3 siung bawang putih cincang halus
1 buah bawang bombay sedang cincang halus
500 gr daging sapi giling
250 gr tomat, rebus dan ambil daging buahnya cincang halus
300 gr saus tomat
100 ml air
1 kotak kaldu blok rasa sapi (maggi, knorr)
1 sdm oregano bubuk
2 lembar bayleaf (kalau gak ada bisa diganti daun salam)
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Bahan Saus Putih Keju/Saus Bechamel:
50 gr margarin
30 gr tepung terigu
400 ml susu cair tawar
100 ml air
100 gr keju cheddar parut
1/2 sdt kaldu  rasa sapi
1/4 sdt lada bubuk
1/4 sdt pala bubuk (bila suka)

#Gambar dibawah ini, sesaat lasagna sebelum dimasukkan ke dalam oven, pastikan oven sudah dipanaskan terlebih dulu kurang lebih 15 menit sebelumnya...




Cara Membuat:
1. Panaskan air hingga mendidih, tambahkan mimyak goreng dan garam, rebus pasta lasagna kering hingga matang. Angkat, tiriskan dan sisihkan.
2. Membuat saus daging: panaskan minyak goreng dan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan daging sapi giling, aduk rata hingga matang.
3. Tambahkan tomat cincang, saus tomat dan air. Bubuhkan kaldu blok, oregano, bayleaf, garam dan gula pasir. Masak hingga kental dan mendidih. Angkat..dan sisihkan.
4. Membuat saus putih keju/saus bechamel: panaskan margarin, masukkan tepung terigu, aduk rata hingga tepung matang dan kering. Tuangkan air putih sedikit demi sedikit dan aduk rata agar tidak bergerindil. Masukkan susu cair, keju parut, kaldu bubuk, lada bubuk...aduk hingga tercampur rata. Masak terus hingga mendidih dan mengental, lalu angkat. Siap untuk digunakan .

#Jika ingin lebih praktis atau lagi males bikin saus putih keju/bechamel dan bumbu saus bolognaise/saus merah daging sendiri di dapur, bisa pakai bahan instan seperti gambar dibawah ini. Mudah banget, rasa juga enak dan memang praktislah.. :)




5. Setelah semua yang diatas beres, siapkan pinggan tahan panas yang sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung roti halus (yang biasa buat panir risoles), ini bertujuan agar nanti saat lasagna matang dan akan dipotong..hasil potongannya mulus tidak meninggalkan jejak dialas pinggan.
6. Susun pasta lasagna pada dasar pinggan, ratakan 1/2 bagian saus daging diatasnya, dan juga ratakan 1/3 bagian saus putih keju diatasnya . Kembali susun pasta diatas saus putih keju, kerjakan satu lapis lagi dengan sisa saus daging dan saus putih keju. Tutup dengan pasta lasagna lagi diatasnya, lalu tuangi lagi sisa saus putih keju, taburi dengan keju mozarella dan keju cheddar paurt. Letakkan potongan-potongan kecil mentega beku dibeberapa tempat menyebar diatas pasta lasagna.
7. Panggang dengan panas oven 180'C selama kurang lebih 45 menit atau sampai matang kuning kecoklatan.

Happy Baking... :)

2 komentar: