Sabtu, 07 Januari 2012

Buttercake Keju Cheddar


Seperti biasa setiap mendapat giliran ketempatan ngaji anak-anak TPA di rumah selalu agak dibingungkan dengan menu cemilan yang akan disuguhkan buat anak-anak. Anak-anak lebih suka disediakan makanan ringan yang rasanya asin dan gurih, kalau untuk makanan atau snek yang berasa manis...agak kurang laku alias anak-anak suka nggak mau ambil. Kan sayang kalau utuh..gak dicowel sama sekali, cape dee.. :)

Tapi kayaknya kalau dibikinin cake yang agak beda dari biasanya barangkali mau yaa..., yang simpel aja dan gak yang ruepot-repot bikinnya. Pas liat di kulkas banyak sekali macam keju-keju. Ada mascarpone, edam, parmesan, cheddar, cream cheese, keju lembaran..juga veta cheese. Halah..jadi bingung sendiri, akhirnya ambil yang cheddar aja deeh. Dibikin buttercake keju..kalau yang berbau-bau keju anak-anak InsaAllah mau ajalah.

Bismillah...nguplek-nguplek di dapur siang hari, mumpung si baby Maisaa sedang on the way sleeping. Semoga lama boboknya ya naak...jadi mama bisa selesaikan cakenya tepat waktu, sore hari bisa dipotong buat kakak-kakak yang mau ngaji di rumah...

Alhamdulillah...kuenya matang si adik imoet belum terjaga. Buru-buru beresin dapur dan ruangan buat ngaji. Semua okkey and done!..beress. Waah...ternyata anak-anak suka juga sama cake kejunya, selain cemilan lain yang saya sediakan. Syukurlah...enaaak kata mereka, kan kejunya banyak... :)


Butter Cake Keju Cheddar
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr mentega tawar (margarin spt blue band boleh saja)
150 gr gula pasir halus
1/2 sdt vanili bubuk
5 butir telur
250 gr tepung terigu
1/4 sdt garam halus (kalau pakai margarin blue band gak perlu ditambah garam lagi)
1 sdt baking powder
100 gr keju cheddar parut
30 gr keju cheddar parut untuk taburan

Bahan Topping:
50 gr buttercream putih (kebetulan masih ada stok di kulkas)
50 gr keju cheddar parut


*Gambar diatas adalah penampakan cake keju yang sudah didinginkan beberapa saat sebelum diberi topping keju cheddar parut.

Cara Membuat:
1. Kocok mentega dan gula pasir halus sampai lembut. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan.
2. Masukkan sisa tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan keju cheddar sedikit-sedikit sambil diaduk hingga rata.
3. Tuangkan ke dalam loyang diameter 20 cm atau loyang kotak 20x20 cm yang sudah dioles margarin, dialasi kertas roti dan ditaburi tepung terigu. Taburkan keju cheddar parut diatas adonan cake.
4. Lalu masukkan oven dengan panas 180'C selama kurang lebih 45 menit.
5. Jika sudah matang, keluarkan dari oven, taruh dirak kawat untuk pendinginan. Balik cake dan olesi atasnya dengan buttercream dan taburi dengan keju cheddar parut,  lalu potong-potong deeh...sederhana dan mudahkan, yang penting rasanya bikin suasana happy buat anak-anak.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar