Jumat, 13 Januari 2012

Ayam Goreng Saus Mentega


Ayam maning..ayam maning, gak ada bosen sama yang namanya si ayam kukuruyuk ini. Mudah diperolehnya juga gampang mau dimasak model apa aja...dan lagi pula yang utama seisi rumah doyan semua dengan menu masakan berbahan ayam.

Diantaranya ya inilah, ayam goreng saus mentega, bikinnya sambil merem juga mateng deeh, haiyyaa... aneh aneh aja masak sambil merem...mimpi kalii !!!... yang ada ayam masih ngetangkring di kulkaslah.. :)

Yuuk mariii...kita masak ayam goreng saus mentega, sebenarnya gak usah banyak-banyak pakai mentega lho...karena nanti pas ayam udah dingin menteganya ikut tidur alias membeku, jadi mesti angetin lagi. So...mentega cukup satu atau 2 sendok makan aja, sisanya pakai minyak goreng dan bumbu-bumbu lain. rasa ayam goreng mentega ini manis dan gurih khas mentega.

Ayam Goreng Saus Mentega
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam potong kecil jadi 16
1 sdm air jeruk nipis/lemon
3 siung bawang putih cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran sedang iris tipis panjang
3 siung bawang putih digeprek dan cincang kasar
1 buah paprika ukuran sedang potong tipis panjang
1/2 buah wortel iris tipis panjang
1 sdm kecap asin
4-5 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
2 sdm saus tomat
1 sdt lada bubuk
1 sdt garam (secukupnya)
1 sdt gula pasir
1 sdm mimyak wijen
3 sdm minyak goreng
2 sdm mentega tawar
3 sdm air matang

Cara Membuat:
1. Lumuri ayam yang sudah dipotong dan dicuci bersih dengan air jeruk nipis/lemon, beri garam dan bawang putih cincang halus, aduk-aduk hingga tercampur rata, diamkan sekitar 15 menit.
2. Goreng ayam dengan minyak goreng hingga matang kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
3. Panaskan minyak goreng dan mentega, setelah minyak panas, masukkan bawang bombay dan bawang putih. Masak hingga bawang kekuningan...masukkan ayam goreng, jahe, minyak wijen, lada bubuk, wortel dan paprika, aduk hingga rata.
4. Tuangkan saus tiram, saus tomat, kecap asin dan kecap manis. Aduk-aduk hingga ayam terbalut bumbu, tambahkan garam, gula pasir dan air matang 3 sendok makan. Aduk-aduk lagi hingga semua tersalut dengan bumbu...rasakan sudah cukup enak belum rasanya, pas manis asinnya belum. Jika sudah sesuai selera lidah..angkat dan hidangkan.

Selamat Memasak..happy cooking friends, see you next... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar