Jumat, 13 Januari 2012

Ayam Goreng Mudah


Kenapa ayam goreng yang satu ini saya kasih label judul "Ayam Goreng Mudah"...?, awalnya sebenarnya hanya karena masak yang terburu-buru dikejar hantu..eits, bukanlah...maksudnya ingin mencari kepraktisan dan masak yang cepat dan mudah buatnya..itu saja, karena memang lama-lama ngoprek di dapur kan juga bosan. Masih banyak urusan pekerjaan lain yang menanti, iya betul kaan...begitulah adanya :)

Maka itu dia...dalam keadaan diburu waktu bentar lagi anak pulang sekolah, masih harus wara wiri urus si baby yang 8 bulan...buat bikin maemnya juga. Karena kesukaan si mbak Hasna itu ayam goreng, mau dibumbuin apa-apa aja pokoknya asal ayam yang digoreng pasti mau dan sukaa (tapi memang ayam goreng ini khas saya sekali, dijamin mudah buatnya dan enak rasanya)...okkey mari kita berlaga di dapur  jebrass jebruss bruss bumbuin ayam dan goreng-garing sring...kelar dah, ha haa...

Ayam Goreng Mudah
Resep: Ita-DapurgriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam dipotong kecil jadi 16
1 sdm air jeruk nipis.lemon
1 sdt garam
3 sdm tepung terigu
2 sdm tepung maizena
1/2 sdt baking powder

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
3 cm jahe

Cara Membuat:
1. Lumuri ayam yang sudah dipotong dan dicuci bersih dengan air jeruk nipis dan garam.
2. Masukkan bumbu halus, remas-remas hingga ayam layu...masukkan tepung terigu, tepung maizena dan baking powder kedalam ayam, aduk-aduk sampai semua tercampur merata. Diamkan ayam selama kurang lebih setengah jam.
3. Kemudian goreng ayam dengan minyak yang cukup banyak dan panas, goreng hingga garing..kuning kecoklatan. Angkat dan hidangkan dengan sambel terasi atau sambel botol dan lalapan segar. Mudah banget, meski sederhana bumbu...tapi untuk rasa ditanggung gak akan bilang ah biasa saja...bener koq, menurut saya sih enak tenan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar