Minggu, 25 Desember 2011

Sate Ikan Patin (Pangasius)


Mau coba bikin sate ikan..???, ayuklah...rasanya enak banget dan empuuk sekali. Bikinnya simpel..cepet gak pake lama-lama deeh. Masalahnya kalau kelamaan di dapur itu saya gak betah..makanya selalu mencoba-coba memasak makanan yang gak rumit-rumit amat..
Seperti sate ikan ini, saya punya stok ikan beku di freezer...namanya ikan patin fillet beku, dikemasannya tertulis White Fish Pangasius Fillet. Ini ikan yang dibudidayakan di air tawar...semacam ikan patin yang ada di Indonesia, jadi aman dan halal buat disantap. Bisa juga dijadikan bahan membuat pempek atau siomay..jika kita tidak menemukan ikan tenggiri, ini bisa jadi pemeran pengganti, he hee...lumayan enak juga koq, bahkan kalau dibuat pempek penampilannya lebih putih dan bersih.
Tapi kali ini saya mau menyajikan resep dalam bentuk sate ikan patin yang bener-bener maknyuss...mbak Hasna putri kedua saya aja sampai gak tahu dan dan gak menyadari kalau yang dimaem itu sate ikan, dia bilang sate ayamnya koq empuk dan enak banget Mama..???, hi hii...iya mbak, boleh dihabisin...halah lha koq beneran mb Hasna maemnya habis 10 tusuk sendiri, wah waah...Papa gak dapat bagian dong, buat makan malam nanti !!!...*^ _^*

Ini penampilan ikan patin beku yang beli di super market, Pangasius Fillet White Fish.


Sate Ikan Patin
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Sate:
1 kg ikan Pangasius Beku, keluarkan dari freezer biarkan dalam suhu ruang
1 sdm air jeruk lemon
1 sdt parutan jahe
1/2 sdt ketumbar bubuk
2 siung bawang putih haluskan
1 sdt garam halus

Bahan Bumbu Pencelup:
5 sdm kecap manis
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat:
1. Potong-potong ikan fillet menjadi potongan kotak2 ukuran 3x2cm.
2. Campur menjadi satu air jeruk lemon, parutan jahe, ketumbar bubuk bawang putih halus dan garam dalam sebuah mangkok. Masukkan irisan ikan ke dalam campuran bumbu, aduk aduk hingga rata, diamkan kurang lebih 15 menit agar meresap.
3. Tusuk tusuk daging ikan memakai tusuk sate atau lidi yang biasa untuk sate, lakukan hingga semua habis di tusuk.
4. Celupkan sate ikan ke dalam larutan pencelup, lalu bakar diatas bara arang atau alat pembakar elektrik. Bolak balik hingga matang, sambil sekali sekali diolesi bumbu kecap pencelup. Lalu angkat dan sajikan bersama nasi hangat dan sambel kecap manis pedas, selamat membakar sate... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar