Kamis, 15 Desember 2011

Rabeg Daging Kambing


Rabeg, adalah masakan khas dari daerah Banten...di daerah Cilegon dan Serang banyak dijumpai warung2 nasi yang menjual nasi lauk rabeg. Masakan berbahan daging dan jeroan kambing ini kaya akan bumbu rempah dan rasanya pedas. Saya bisa memasak rabeg karena kebetulan tetangga depan rumah saat masih di cilegon adalah orang asli Banten, dari beliau saya dapatkan ilmu masak rabeg.
Buat saya yang orang jawa, rabeg buatan saya selain agak dikurangi rasa pedasnya..juga sedikit ada rasa manisnya, karena saya berikan kecap manis agak banyak.
Dan untuk dagingnya saya gak suka pakai jeroan (usus, babat, hati dll). Lebih suka hanya bagian iga kambing atau dagingnya yang masih ada tulang2nya...seperti kalau membuat sop kambing.
Resepnya mudah, cepat masaknya..dan rasanya yahuut, top banget lah.. :)

Rabeg Daging kambing
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
700 gr daging iga atau daging kambing yg bertulang
5 siung bawang putih tipis
7 butir bawang merah iris tipis
3 buah cabe merah besar iris serong tipis
3 cm jahe iris tipis
3 cm lengkuas memarkan
1 potong serai memarkan
2 lembar daun jeruk
3 biji bunga cengkeh
2 butir kapulaga
3 cm kayu manis batang
2 sdt air asam jawa (dari 3 mata asam jawa direndam 2 sdm air panas)
3 sdm kecap manis
1 sdt garam
1 sdt merica halus
1/2 sdt gula pasir
500 ml air panas

Cara Membuat:
1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum baunya, masukkan cabe merah besar, cengkeh, kapulaga, kayu manis, daun serai, daun jeruk, lengkuas, dan jahe. Tumis dan aduk aduk hingga matang.
2. Masukkan daging kambing, beri garam, aduk aduk hingga daging berubah warna dan setengah matang...tuangkan air panas, masak terus dengan api kecil hingga daging empuk. Tuangkan kecap manis dan gula pasir. Aduk aduk perlahan, tunggu sampai daging matang dan lunak...serta kuah menyusut dan mengental. Angkat..sajikan dengan taburan bawang merah goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar