Selasa, 13 Desember 2011

Sate Ayam Bumbu Bali


Sate selalu menjadi menu masakan spesial di rumah, karena memang jarang2 masak menu satu ini. Agak males kalau harus ribed dan lama2 didapur, he hee...pinginnya masak itu yang gampang2 dan cepet beres, terus bisa kerjain urusan lain diluar dapur gitu lhoo .. : p
Tapi untuk kali ini saya coba-coba bikin sate yang beda dari biasanya, bukan sate yang pakai bumbu kacang dan sambel kecap. Tapi sate dari bumbu yang diuleg dan rasanya agak pedas manis. Dengan racikan bumbu bali, idenya terinspirasi jika masak ikan bandeng bumbu bali, gimana kalau coba sate ayam dibumbuin seperti itu. Nah...kalau ini dari bahan paha ayam yang diambil dagingnya..terus dimarinade dengan ramuan bumbu bali, lalu dibakar...wiss pokoke bikinya praktis tiss, dan nyatanya enaak bangeeet, sampai2 mb Hasna bilang ke saya..mama, satenya koq enak sih...biasanya kan pakai sambel kecap manis, ini kenapa beda?..
Ya biar mb Hasna gak bosen sama sate ayam yang bumbu kacang dan kecap...kreasi mama yang baru dong, yang penting lezat kan ??? ..

Sate Ayam Bumbu Bali
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
10 buah paha ayam
(boleh pakai dada ayam atau yang lain, saya suka paha ayam kalau buat sate..karena lebih gurih)
1 sdt air jeruk lemon
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdt terasi bakar
5 buah cabe merah besar
3 buah cabe rawit merah
1 cm jahe geprek
2 lembar daun jeruk purut

Cara Membuat:
1. Ambil daging dari paha ayam, lalu potong-potong kotak atau difillet.
2. Lumuri daging ayam dengan air jeruk lemon, tambahkan garam dan gula pasir..lalu aduk-aduk sampai rata.
2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng, masukkan daun jeruk dan jahe..masak hingga bumbu matang dan agak kering. Angkat..
3. Masukkan bumbu halus yang sudah ditumis ke dalam daging ayam, aduk hingga tercampur rata. Rasakan sudah cukup atau belum rasa asin dan manis pedasnya, jika sudah diamkan kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap.
4. Tusuk-tusuk daging ayam dengan menggunakan tusuk/lidi sate, lakukan semuanya..lalu bakar hingga matang sambil dibalik-balik, dan jangan lupa olesi dengan sisa bumbu, angkat dan hidangkan sate ayam dengan nasi hangat serta sisa bumbu bali bisa dijadikan sambelnya. Happy Cooking... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar