Sabtu, 31 Desember 2011

Lapis Moscovis


Sudah laa maa...saya ingin banget membuat lapis moscovis yang seperti ini, buku resepnya saja dibeli sudah dari awal nikah...tapi tak pernah dibuat-buat cakenya. Sampai bukunya udah lecek dibaca-baca doang...malah udah penuh coretan spidol si adek Hasna waktu masih belum sekolah, he he hee...

Mumpung punya niat dan semangat yang membara nih, dan ada waktu di malam hari...anak-anak sudah pada bobok, dan si bapak lagi dinas malam jadi gak pulang sampai pagi, berjibakulah saya di dapur...oprek sani sini sendirian bikin lapis ini.

Alhamdulillah...tra la laa...jadilah, meski sudah sering bikin lapis legit, juga lapis legit gulung yang biasanya ... ternyata bikin lapis moscovis belum begitu sempurna aja hasil lapis demi lapisnya, ah biarlah tapi sing penting niat sudah kesampaian dan tercapailah cita-cita bikin lapis moscovis. Rasanya haduuw...mantaaafff...enak tenan, ada rasa dan sensasi asem-asem dan manis dari buah cherry dan kismis...itu yang membuat saya suka cake lapis ini. Nanti kalau ada waktu harus bikin lagi biar makin lancar jaya... ha ha haa...

Lapis Moscovis
Resep: Buku Resep "Kue Klasik Favorit 2" Doddy Pamudja
Telah disesuaikan oleh: Ita-DapurGriyaKhayangan


Bahan:
250 gr margarin (saya pakai mentega wisjman : president = 1:1)
125 gr gula halus (saya kurangi jadi 100 gr, biar gak terlalu manis)
180 cc susu kental manis
13 kuning telur (saya gunakan 12 kuning telur)
35 gr tepung terigu (saya gunakan 30 gr tepung terigu)
3 putih telur (saya hanya pakai 2 putih telur)
2 sdm mentega untuk olesan per lapis dari cake

Untuk Taburan Disetiap lapisan:
125 gr kenari iris tipis
125 gr kismis cincang
100 gr sukade warna warni
*Saya pakai taburan dari 4 buah cherry merah, 4 buah cherry hijau dan 2 sdm kismis kuning yang dicincang kasar atau di potong dadu kecil.

Cara Membuat:
1. Kocok margarin/mentega dan gula hingga putih dan mengembang, kemudian masukkan susu kental manisnya dan sambil terus dikocok hingga campur dan mengembang putih. Sisihkan.
2. Kocok kuning telur dan putih telur hingga putih dan mengembang agak kaku, masukkan tepung terigu kedalam adonan telur sedikit sedikit dengan sambil diayak, kocok perlahan dengan speed mikser rendah sampai tercampur rata.
3. Campurkan adonan telur ke dalam adonan mentega sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata.
4. Alasi dasar loyang berukuran 18cm x18cm x 7cm dengan kertas roti, lalu olesi dengan margarin dan taburi tepung terigu.
5. Panaskan oven dengan api bawah dulu dengan suhu 180'C, tuang 3-4 sdm adonan ke dalam loyang dan ratakan, lalu taburi dengan campuran kismis cherry secara menyebar. Oven kurang lebih 5-10 menit hingga matang dan lapisan atasnya berwarna kuning kecoklatan. Matikan api bawah, dan keluarkan loyang. Olesi lapisan atas cake dengan mentega, lalu tekan-tekan perlahan dengan alat penekan lapis legit agar lapisan rata dan halus. (kalau tidak punya alat tekan bisa menggunakan bagian dari dasar gelas).
6. Set kembali oven dengan api atas, suhu turunkan menjadi 170'C. Tuangkan kembali 3-4 sdm adonan diatas lapisan pertama, taburi dengan bahan taburan...masukkan ke dalam oven dengan api atas, panggang kurang lebih 5-10 menit hingga lapisan atasnya kuning kecoklatan dan matang. Keluarkan dari oven, olesi dengan mentega dan tekan-tekan dengan alat penekan.
7. Begitu selanjutnya, lakukan hingga seluruh adonan habis dilapis. Jika sudah selesai matikan api atas. Lalu nyalakan api bawah dengan suhu tetap 170'C, oven cake kurang lebih selama 15-20 menit untuk mematangkan bagian bawah dan dalam cake. Tutuplah bagian atas loyang dengan selembar aluminium foil agar lapisan atas cake moscovis tidak gosong.
8. Dinginkan dahulu cake moscovis di atas rak kawat dalam keadaan masih di dalam loyang hingga benar-benar dingin, baru keluarkan dan dipotong-potong sesuai selera. Selamat bereksperimen dan semoga berhasil lebih bagus dari saya..karena saya juga masih belajar terus, belum ahli dan lihai dalam perlapisan cake.. :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar