Selasa, 06 Desember 2011

Carrot Cake



Sesekali saya membuat cake wortel di rumah, tapi sayangnya...anak2 kurang begitu suka dengan carrot cake. Mungkin karena rasa wortelnya itu terlalu tajam atau agak langu, padahal maksud saya agar cake dengan bahan tambahan sayur2an bisa menjadi sajian yang berserat alami dan bergizi lebih buat anak2. Ternyata...tak se-ide, he he hee...

Nah, untuk mengakalinya...menyembunyikan rasa dan aroma wortel biar gak kentara sekali, sebelum diparut atau di serut, wortelnya saya kukus hingga setengah matang. Kemudian baru di parut, alhamdulillah cakenya terasa lebih nikmat, lembut dan lembab...tanpa meninggalkan jejak aroma wortel yang tajam. So...anak2 kembali suka dengan carrot cake buatan ibundanya.


Carrot Cake
Source: *SmittenKitchen*
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
2 cup tp terigu
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1 sdt garam
2 sdt bubuk cinamon/bumbu spekuk
4 buah telur
1 cup minyak sayur
2 cup gula pasir
3 cup wortel  kukus setengah matang, lalu parut dg parutan keju

Cara Membuat:
1. Kocok telur dengan gula pasir sp gula larut dan telur mengembang, masukkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan baking powder, soda kue, cinnamon bubuk, dan garam sedikit demi sedikit hingga  tercampur rata.
2. Masukkan wortel parut..aduk2 sampai rata, tuangkan minyak sayur, aduk2 kembali hingga tercampur merata.
3. Tuang ke cetakan/loyang (saya pakai loyang tulban diameter 22 cm), jangan lupa oles loyang dengan margarin dan taburi tepung terigu...panggang dg suhu 170"C selama kurang lebih 50 menit/sampai matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar