Rabu, 07 Desember 2011

Brownies Pisang



Kembali menghadapi kenyataan punya pisang ambon yang hampir kadaluwarsa, cari-cari inspirasi...buka2 buku catatan resep, majalah...browsing, akhirnya kembali ke majalah Sedap Pemula (majalah favorit saya dari awal terbit selalu gak ketinggalan). Brownies pisang ini rasanya enak banget dan tentunya penambahan pisang semakin membuat tekstur brownies lebih lembut, juga harum aroma pisang menyatu dengan coklat pas sekali.

Metode pembuatan cake brownies ini berbeda dari biasanya, kali ini resepnya dengan cara teknik butter cake...yaitu mengocok mentega/margarin dengan gula pasir terlebih dahulu sehingga menghasilkan tekstur cake yang agak padat tapi tetap lembab dan lembut.
Yuuk silakan kalau mau mencoba...


Brownies Pisang
Source: Majalah Sedap Pemula
Modifikasi: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
100 gr mentega/margarin
150 gr gula pasir halus (kastor)
3 butir telur
200 gr pisang ambon dihaluskan (2-3 buah)
100 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
200 gr dark cooking chocolate, lelehkan

Cara Membuat:
1. Kocok butter, garam halus, dan gula pasir halus sekitar 5 menit sampai lembut. Tambahkan pisang, kocok lagi sampai rata.
2. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan.
3. Masukkan dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan, kocok rata.
4. Tuang ke loyang brownies ukuran 30x10 cm yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Boleh ditaburi topping kacang2an (almond, kenari atau kacang mede).
5. Lalu oven dengan temperatur 170'C, sampai matang..kurang lebih 45 menit.

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Wr.Wb...|

    Mb Ita aq udah coba resep banana brownies ini...hhhmmmm nyoklat banget..pengennya dikurangin dikit dcc nya tapi krn baru pertama bikin diikutin aja plek plek sesuai resep...bahan2 yg lain takarannya pas, jd semangat buat nyoba resep2 yg dishare mb Ita
    disini :)

    makasih mb Ita sdh bikin blog ini, sharing ilmu...smoga membawa kebaikan buat semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa"alaikumsalam...senang mb Deta jika ingin mencoba resep2 di blog sederhana saya ini, silakan...
      Iya..mungkin bisa agak dikurangi DCCnya, kadang DCC itu beda merek beda rasa manisnya. Jadi dirasain dulu DCCnya...kebetulan ditempat saya DCCnya gak manis, jadi bisa agak banyak. Dikurangi boleh...kira jadi 150-200 gr aja. Semoga makin semangat buat cooking and baking.

      Hapus