Selasa, 06 Desember 2011

Banana Chiffon Cake



Kalo punya buah banana yg sudah very ripe alias bunyuk...jangan keburu2 disingkirkan di bag sampah yaa, di make over aja...twing twing..."BANANA CHIFFON CAKE"...teksturnya super lembut, lentur dan melur-melur...kalau sudah nyicipi pasti mau lagi dan lagiii. Cake ini jadi salah satu cake favorit keluarga saya.


BANANA CHIFFON CAKE
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
6 kuning telur
1/4 sdt garam
75 ml minyak sayur (kurang lebih 5 sdm)
300 gr pisang ambon lumatkan (3 buah pisang ambon)
1 sdt air jeruk lemon
===> Masukkan air jeruk lemon kedalam pisang ambon yang sudah dihaluskan, penambahan air jeruk ini agar pisang tidak menghitam.
50 gr gula pasir
150 gr tepung terigu
1/4 sdt soda kue

6 putih telur
1 sdt air jeruk nipis/lemon
100 gr gula pasir castor (gula pasir berbutir halus)
kalau gak ada, pakai gula pasir biasa boleh juga


Cara Membuat:
1. Kocok kuning telur dgn gula dan garam...masukkan tepung terigu yg sudah diayak dengan soda kue dlm jumlah sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk dengan wisk.
2. Masukkan pisang yg sudah lumat, aduk rata...dan tuangkan minyak sayur, aduk2 hingga tercampur rata dan gula larut.
3. Kocok terpisah putih telur...lalu tambahkan air jeruk nipis/lemon, tuangkan gula pasir sedikit2..sampai putih telur mengembang soft peak.
4. Masukkan sedikit adonan putih telur sedikit demi sedikit ke adonan tepung...aduk dengan hati-hati dan perlahan hingga tercampur rata (aduk balik).
5. Tuangkan ke cetakan cake chiffon...tanpa dioles margarin dan jangan dilapisi kertas, panggang di oven  suhu 180'-190'C..lamanya kurang lebih 60 menit.
6. Setelah matang..siapkan botol kecap manis yg dari kaca, balikkan cetakan dan masukkan ke leher botol kecap, biarkan sampai dingin..baru boleh dipotong.

Selamat Mencoba dan Happy Baking...semoga berhasil :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar