Rabu, 28 Desember 2011

Ayam Bakar Taliwang


Mencoba-coba menu masakan ayam dari daerah lain yuuk, biasanya saya seringnya bikin ayam goreng kalasan, ayam bakar kalasan yang dibumbu bacem itu. Kadang juga bikin ayam bakar bumbu gulai ala padang, sering juga dimasak ayam bakar kecap. Sekarang ini saya mau bikin ayam bakar taliwang...pas liat2 dibuku resep koleksi saya, sepertinya bumbu-bumbu untuk memasak ayam ini gak banyak macam..jadi pastinya gak rumit bikinnya..juga gak pake lamaa...rasanya, pastilah mantaff.. :)

Ayam Bakar Taliwang
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam, boleh diutuhkan hanya dibelah dadanya saja.
saya pakai paha ayam semua
1 sdm air jeruk lemon/jeruk nipis
2 sdt garam
700 ml air

Bumbu Halus:
8 buah cabe merah besar
8 butir banwang merah
5 siung bawang putih
2 cm kencur
1 sdt terasi bakar
2 buah tomat
2 sdt gula merah

Cara Membuat:
1. Lumuri ayam dengan air jeruk lemon atau air jeruk nipis, beri garam, dan bumbu halus. Campur hingga rata. Diamkan kurang lebih 30 menit. Tusuk-tusuk daging ayamnya dengan garpu atau lidi, agar bumbu meresap.
2. Letakkan ayam diwajan/panci untuk dimasak atau diungkep, tuangi air...dan masak hingga ayam matang, bumbu meresap dan air menyusut.
3. Kemudian siapkan pemanggangan, panggang diatas bara arang atau panggangan elektrik, atau di oven dengan suhu 180', olesi dengan bumbu dan bolak balik sampai ayam kecoklatan dan matang.
4. Hidangkan dengan sambel dari sisa bumbu ayam bersama lalapan segar.

1 komentar: