Minggu, 15 Maret 2009

Sosis Solo



Ini resep sosis solo ala keluarga besar kami di kampung tercinta, ada perbedaan dalam cara pembuatan isian sosisnya. Kalau di tempat asalnya ...Solo, isian daging biasanya langsung ditumis bersama bumbu halus. Sedangkan kalau menurut resep keluarga kami...daging sapi/daging ayam cincang tidak ditumis langsung dengan bumbu halus...tetapi dikukus atau direbus bersama bumbu halus.
Itulah perbedaannya, dan memang rasa sosis solo dengan cara ini lebih mantap menurut saya. Jadi selama ini jika membuat sosis solo saya selalu memakai patokan resep ini...resep keluarga kami tercinta. Ingin mencoba resep kami, Silakan...semoga saja cocok dengan resep ini :)

Sosis Solo
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Isian Daging:
250 gr daging sapi giling
3 butir telur kocok lepas
3 sdm bawang merah goreng

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1/2 sdt ketumbar sangrai
1/4 sdt jintan
1 sdm ebi kering  direndam air panas
1 sdt garam
1 sdm gula pasir (sesuai selera manisnya)

Bahan Kulit/Dadar
200 gr tepung terigu
600 ml air kaldu rebusan isian daging
4 butir telur kocok lepas
1 sdt garam
1/4 sdt lada halus
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat:
1. Membuat Isian daging: campur bumbu halus dengan daging sapi cincang, aduk menjadi satu hingga tercampur rata. Tuangkan telur kemudian campurkan ke dalam daging cincang, aduk kembali sehingga rata.
2. Bentuk daging cincang seperti bakso dengan menggunakan sendok atau memakau tangan, kira2 diameter 2 cm. Lalu rebus di dalam air mendidih, kalau sudah mengapung angkat. Lakukan hingga adonan daging habis.
3. Sisihkan air rebusan daging, tunggu hingga dingin...kemudian saring, ambil sebagian untuk membuat kulit /dadar sosis.
4. Membuat kulit/dadar: masukkan tepung terigu, garam dan telur kedalam mangkok, aduk rata. Kemudian tuangkan air kaldu, aduk dengan wisk hingga adonan tercampur rata dan licin. Tuangkan 2 sdm minyak goreng ke dalam adonan, aduk lagi hingga adonan halus dan licin.
5. Dadar di wajan teflon, kerjakan hingga selesai.
6. Penyelesaian: Isikan kulit/dadar dengan sebutir adonan daging cincang  sambil ditekan2 agar daging menjadi pecah bulatannya dan tambahkan sedikit bawang merah goreng. Lipat dan gulung, lem dengan putih telur agar tidak lepas saat digoreng. Lalu goreng dengan minyak panas sedang. Hidangkan dengan cabe rawit hijau atau sambel botol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar