Minggu, 15 Maret 2009

Sayur Gulai Jantung Pisang



Ketika sedang belanja di supermarket India, ada sesuatu yang menarik perhatian saya dan langsung aja ambil 2 buah ...pasti udah tahukan apa yang saya ambil. Bunganya pohon pisang alias jantung pisang atau orang Jawa nyebutnya Ontong. Kembali mengenang masa lampau, saat2 masih bersama orang tua di kampung halaman tercinta. Bunga Pisang ini setiap saat bisa kami nikmati..lha wong dihalaman samping rumah berjejer dan berumpun pohon pisang, ya tentu aja bunganya juga sering nyembul keluar.

Kadang2 oleh ibuku dimasak sayur lodeh, juga sering dibikin bothok, bahkan hanya direbus aja juga udah enak dijadikan pecel dengan sambel kacang yang puedess waah...rasane. Untuk kali ini saya ingin mencoba membuat sayur jantung pisang yang dikasih santan dan dibumbu kuning agak pedas, seperti gulai kayaknya.





Gulai Jantung Pisang
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
2 buah Jantung Pisang ambil bagian dalamnya, rebus matang dan potong2
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 batang daun serai dimemarkan
3 cm lengkuas dimemarkan
500 ml santan dari setengah butir kelapa
1500 ml air putih

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri
3 cm kunyit
2 cm jahe
7 butir cabe merah keriting ( sesuai pedasnya )
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
3 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat:
1. Rebus air putih dalam panci tunggu biarkan mendidih.
2. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum.
3. Masukkan jantung pisang yang sudah dipotong2 ke dalam panci yang berisi air mendidih tersebut. Kemudian masukkan pula bumbu yang sudah ditumis, aduk2 hingga tercampur.
4. Cemplungkan daun salam, daun jeruk, daun sereh dan lengkuas, tuangkan santan aduk2 hingga nyampur dan mengental. Tunggu sampe mendidih dan cicipin sudah pas belum rasanya dilidah. Jika sudah matikan, siap disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar