Minggu, 15 Maret 2009

Donat Kentang




Donat kentang ini sudah jadi camilan favorit saya dari dahulu kala...dari masih anak sekolahan. Suka mbantuin ibu di dapur membentuk donat hingga berlubang tengahnya...terus nungguin sampe mengembang adalah suatu kegiatan yg menarik buat saya waktu itu, melihat proses fermentasi dari ragi tersebut.

Hingga sekarang ternyata putri saya juga sangat excited jika si ibu sedang asyiik homemade donat, selalu ingin membantu seperti ketika saya kecil...wah meskipun agak ribet tapi seneng juga melihat Mbak Hasna sibuk antusias banget berusaha untuk bisa menmbentuk donat yg bulat berlubang. Mari kita coba buat donat berbahan kentang, untuk hasilnya... kentang akan membuat tekstur donat menjadi lebih moist, lembut dan empuk.



Donat Kentang tampil berbedak gula halus...bersahaja sekali, namun tetap lezat dinikmati.



DONAT KENTANG
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Biang:
1 sdm (7 gram) ragi instan
1 sdm gula pasir
150 ml air putih hangat (tidak panas yaa...suam2 kuku saja)
---> Campur semua bahan menjadi satu, aduk rata, biarkan selama 10 menit sampai larutan berbuih.

Bahan Lain:
500 gram tepung terigu protein sedang
200 gram kentang kukus yang sudah dihaluskan
100 gram gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
2 sdm susu bubuk
2 kuning telur kocok lepas
100 gram mentega/margarin
1/4 sdt garam halus


Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, gula pasir, vanili bubuk, ke dalam wadah atau mangkok besar. Aduk-aduk rata, masukkan adonan biang yang sudah berbuih, kuning telur dan kentang, aduk dan uleni hingga rata.
2. Tambahkan mentega dan garam halus. Uleni dengan tangan hingga kalis dan elastis, diamkan kurang lebih 30 menit (tutup mangkok adonan dengan plastik wrap/serbet bersih). 
3. Kempiskan adonan, timbang masing-masing 30 gr atau sesuai keinginan. Bulatkan, diamkan sekitar 10 menit.
4. Pipihkan adonan, lubangi tengahnya...letakkan di loyang yang sudah diolesi minyak goreng agar tidak lengket. Diamkan selama 15 - 30 menit dalam keadaan tertutup plastik sampai mengembang.
5. Goreng dalam minyak goreng panas dengan api sedang.
6. Setelah dingin bisa diberi topping suka-suka...boleh tabur messes, atau keju parut, kalau yang paling praktis ya ditabur gula halus, ala donat kampung...maknyeess, dingin2 empuk... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar